Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Korsleting, Komponen Ini Bisa Sebabkan Mobil Terbakar

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak kejadian mobil terbakar disebabkan oleh terjadinya arus pendek alias korsleting listrik. Namun, di beberapa kasus juga ada yang disebabkan oleh komponen lain.

Salah satunya adalah kebocoran pada saluran bahan bakar termasuk juga kerusakan pada komponen radiator. Komponen tersebut memiliki peran yang sangat vital.

Radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap optimal. Jika temperatur terlalu tinggi, mobil akan mengalami overheat dan berakibat mogok.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, kebakaran yang disebabkan pada bagian radiator bisa saja terjadi.

Deni menyebut coolant atau cairan radiator bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran di mobil. Kandungan zat kimia pada cairan radiator memiliki material atau senyawa yang mudah terbakar.

“Jika radiator sedang dalam keadaan panas, biasanya akan timbul uap. Uap ini jika tersulut dengan percikan api atau panas bisa saja terbakar,” ujar Deni, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Prayoga Angga, pemilik bengkel spesialis radiator, mengatakan, kondisi radiator harus selalu diperhatikan. Sebab, jika komponen pendingin mesin tersebut bermasalah maka efeknya akan cukup banyak.

“Kalau sampai terjadi kekosongan pada radiator bisa menyebabkan silinder bengkok dan harus turun mesin. Kemudian kerusakan pada radiator juga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” ujar Yoga, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Yoga menambahkan, sebagai komponen pendingin mesin maka radiator harus bisa menjaga suhu mesin dan bekerja secara otomatis untuk mendinginkannya.

Jika radiator tidak berfungsi dengan baik dan mesin mengalami overheat, perangkat lain juga akan terdampak, termasuk bagian kelistrikan.

“Radiator kan sebagai pendingin mesin, sehingga jika komponen itu mengalami panas semuanya juga akan panas. Bisa saja menyebabkan korsleting listrik dan terjadi kebakaran,” kata Yoga.

Pada mobil yang usianya sudah tua, kondisi tersebut kerap terjadi. Sebab, usia komponennya juga sudah tua.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/07/130012115/selain-korsleting-komponen-ini-bisa-sebabkan-mobil-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke