Jangan Baper, Tanpa Stimulus Pajak Banderol Mobil Murah Tetap Mahal

Kompas.com - 06/10/2020, 09:22 WIB
All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018 STANLY RAVELAll new Honda Brio Satya di GIIAS 2018
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harapan konsumen membeli mobil murah ramah lingkungan, alias low cost green car ( LCGC) dengan harga yang lebih murah harus kandas.

Pasalnya, hingga memasuki pekan pertama di Oktober 2020, rencana relaksasi pajak nol persen guna mendongkrak penjualan mobil baru dari pemerintah juga tak kunjung terealisasi.

Alhasil, harga mobil murah pun tetap seperti September lalu, dengan kisaran di atas Rp 100 juta. Padalah, bila stimulus pemangkasan pajak dilakukan, otomatis banderolnya bakal lebih murah karena menyisahkan harga off the road saja.

Baca juga: Diler Sepi Efek Wacana Relaksasi Pajak Mobil Baru

Dari simulasi yang redaksi lakukan beberapa waktu lalu, jika pajak mobil baru nol persen bisa diterapkan, maka biaya untuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menghilang maka banderol LCGC berada di bawah Rp 100 juta.

Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018

Tentu hal ini menjadi impian semua orang, mendapatkan mobil baru dari diler dengan harga lebih murah. Dari sebelumnya sekitar Rp 100 juta hingga Rp 150 jutaan, dengan relaksasi, LCGC bisa dibeli dengan Rp 60 jutaan sampai Rp 90 jutaan saja.

Namun hingga saat ini, rencana penurunan harga tersebut pupus, banderol LCGC pun masih tetap sama.

Baca juga: Toyota Innova Terbaru Meluncur Bulan Ini, Mau Pesan? Siapkan Rp 5 Juta

 

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

Konsumen yang sudah berniat untuk meminang tetap harus membayar dengan harga di atas Rp 100 juta, tapi kabar baiknya untuk segmen mobil murah tak ada kenaikan harga sejauh ini.

Daftar harga LCGC Oktober 2020 ;

Honda

Brio Satya S MT Rp 146.000.000
Brio Satya E MT Rp 154.700.000
Brio Satya E CVT Rp 170.100.000

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X