Ini Bahaya Naik Motor Sambil Dengarkan Musik Pakai Headset

Kompas.com - 06/10/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan ShutterstockIlustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagain orang mendengarkan musik sambil mengendarai sepeda motor mungkin sudah menjadi hal biasa.

Biasanya, pengendara akan menggunakan perangkat tambahan headset agar bisa lebih leluasa saat mendengarkan lagu.

Tidak sedikit pula pengendara yang sampai terbawa iringan lagu atau hentakan musik dengan menggerakkan kaki atau pun tangan.

Menanggapi kebiasaan pengendara kendaraan roda dua tersebut, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto mengatakan, bahwa kebiasaan mendengarkan musik saat berkendara memang ada dampak positifnya.

Baca juga: Blokir STNK Tak Perlu ke Samsat, Begini Caranya

Salah satunya adalah bisa meningkatkan kepercayaan diri pengendara saat melaju di jalan raya.

Menggunakan earphone di jalan sangat membahayakan.Blisstree Menggunakan earphone di jalan sangat membahayakan.

“Selain itu saat mendengarkan musik pengendara juga bisa mendapatkan ketenangan hati, kemudian bisa mengembalikan konsentrasi serta efek positif lainnya,” ujar Oke kepada Kompas.com belum lama ini.

Akan tetapi, Oke menambahkan, di balik sejumlah efek positif tersebut ternyata mendengarkan musik saat mengendarai sepeda motor juga memiliki banyak efek negatifnya.

“Efek positif tersebut tidak optimal bahkan memiliki potensi untuk terjadinya hal-hal yang merugikan pengendara atau orang lain,” katanya.

Baca juga: Kendaraan yang Sudah Dijual Sebaiknya Langsung Blokir STNK, Ini Alasannya

Oke mengatakan, saat mengendarai sepeda motor gerakannya lebih dinamis dibandingkan dengan kendaraan roda empat.

Dengan begitu, potensi kehilangan keseimbangan pun lebih rentan terjadi pada sepeda motor ketika pengendara kehilangan konsentrasinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X