PO Sudiro Tungga Jaya Buat 3 Bus Tronton di Karoseri Tentrem

Kompas.com - 30/09/2020, 07:22 WIB
Sudir Tungga Jaya instagram/morenno_tungga_jayaSudir Tungga Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren menggunakan sasis tronton atau triple axle pada bus antar kota antar provinsi (AKAP) saat ini relatif diminati. Salah satu alasannya, karena infrastruktur jalan tol di Indonesia yang semakin membaik.

Menggunakan sasis tronton dengan tenaga yang besar di jalan yang mulus dipercaya lebih efisien daripada sasis bus biasa. Salah satu perusahaan yang menambah bus dengan sasis tronton, adalah PO Sudiro Tungga Jaya.

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, karoseri Tentrem memang membuat tiga bus pesanan PO Sudiro Tungga Jaya dengan sasis tronton Scania K410iB.

Baca juga: Sedang Uji Jalan, PO Laju Prima Segera Punya 2 Bus Tingkat

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by freshbus (@freshbus) on Sep 27, 2020 at 10:58pm PDT

 

“Bodinya pakai Avante H9, di kabin ada 36 kursi dengan legrest buatan Rimba Kencana. Kemudian ada sekat di depan antara kabin pengemudi dan penumpang, toilet tengah dan interior dominan hitam,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Selasa (29/9/2020).

Avante H9 sendiri memiliki dimensi dengan tinggi 3,9 meter, lebar 2,5 meter dan panjang 13,5 meter. Bodi bus ini termasuk pada tipe bus super tinggi dan memiliki bagasi yang sangat luas.

Untuk sasisnya sendiri, Scania K410iB memiliki spesifikasi mesin diesel 13.000 cc enam silinder segaris dengan turbo intercooler. Menghasilkan 410 tenaga kuda dan torsi 2.000 Nm di 1.000-1.350 rpm.

Baca juga: Toyota Urban Cruiser, Kembaran Vitara Brezza Dijual dari Rp 160 Jutaan

Tipe sasis Scania K410iB ini juga modular, sehingga membutuhkan space frame untuk menyambung bagian depan dan belakang. Adanya space frame membuat bagasi menjadi lebih luas dan tembus sisi kiri dan kanannya.

PO Sudiro Tungga Jaya asal Maospati, Jawa Timur ini memang sedang tenar saat ini. Beberapa armadanya menggunakan sasis premium dan memiliki julukannya masing-masing. Selain itu juga banyak armadanya yang dimodifikasi eksteriornya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X