Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Berlanjut, Waspada Kemacetan di Tol Cipularang Malam Ini

Kompas.com - 23/09/2020, 12:53 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pengendara yang akan melintasi ruas Tol Cipularang, baik yang menuju ke Bandung ataupun ke Jakarta, diharapkan untuk berhati-hati.

Mulai nanti malam (23/9/2020), PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) akan melanjutkan pemasangan gelagar jembatan proyek Jakarta-Cikampek II Selatan. Lokasi tepatnya berada di Ramp 4 pada Km 76+200 Jalan Tol Cipularang.

Sudjianto, Pemimpin Proyek Paket 3 PT JJS mengatakan, harusnya proses pengerjaan sudah dimulai pada Selasa (22/9/2020), namun mengalami penundaan akibat kondisi cuaca yang tak memungkinkan.

Baca juga: Awas Macet, Besok Ada Peralihan Jalur di Tol Cipularang

"Akibat hujan deras yang turun di sekitar lokasi pekerjaan, pemasangan gelagar jembatan pada Ramp 4 baru dimulai pada 23 September 2020 pagi tadi dan akan kembali dilanjutkan pada Kamis (24/9/2020) pukul 01.00 – 04.00 WIB untuk proses pemasangan safety net," ucap Sudjianto dalam keterangan resminya, Rabu (23/9/2020).

Proyek pemasangan gelagar jembatan Tol Jakarta-Cikampek II SelatanJasa Marga Proyek pemasangan gelagar jembatan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

Guna memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan, Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai pengelola Jalan Tol Cipularang Bersama PT JJS telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas.

Skemanya masih sama, yakni dengan mengalihkan lalu lintas yang menuju Jakarta mengunakan lajur detour dimulai dari Km 74+650 sampai Km 76+400. Untuk arah sebaliknya, pengendara yang menuju ke Bandung dapat melalui lajur detour dari Km 77+450 sampai dengan Km 75+400.

Baca juga: Tol Cipali Mulai Pakai Speed Gun, Maksimal Kecepatan 100 Kpj

Ada proses pemasangan gelagar jembatan, Jasa Marga siapkan rekayasa lalu lintas di CipularangJasa Marga Ada proses pemasangan gelagar jembatan, Jasa Marga siapkan rekayasa lalu lintas di Cipularang

Sementara untuk kendaraan yang menuju Jakarta melewati Gerbang Tol (GT) Sadang, akan dialihkan melalui jalan nasional, untuk kemudian masuk tol kembali di GT Cikopo. Sementara pengguna jalan yang menuju Bandung melalui GT Sadang tetap berjalan normal.

"Jasa Marga dan PT JJS memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut, dan mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanan," kata Sudjianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com