Selain Suites Class, Peminat Bus Social Distancing Juga Naik

Kompas.com - 22/09/2020, 18:11 WIB
Social distancing bus PO Shantika Jepara instagram/laksanabusSocial distancing bus PO Shantika Jepara

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia membuat beberapa sektor bisnis terdampak, salah satunya yaitu transportasi darat. Selain itu, karoseri juga berinovasi agar penumpang tetap bisa bepergian dengan aman.

Salah satu inovasinya yaitu membuat bus dengan konfigurasi bangku yang saling berjarak. Jika biasanya ada dua atau tiga bangku yang berdempetan, sekarang diubah menjadi satu kursi yang berdiri sendiri.

Bus ini pertama kali diperkenalkan oleh karoseri Laksana, dinamai Social Distancing Bus. Konfigurasi kursinya jadi 1 di kanan, 1 di tengah dan 1 di kiri (1-1-1). Kemudian diikuti oleh karoseri Tentrem dan Adiputro, dengan konfigurasi yang sama.

Baca juga: Kasus Quartararo yang Gagal Podium, Ini Kata Mantan Pebalap Moto2

Bus Sumber Alaminstagram/laksanabus Bus Sumber Alam

Selain memiliki social distancing bus, karoseri Laksana juga membuat bodi Legacy SR2 Suites Class. Bisa dibilang, bodi Suites Class juga menganut model bangku yang saling berjarak dengan privasi antar penumpang yang tinggi.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, dibanding pesanan Suites Class, saat ini lebih banyak yang memilih untuk mengubah konfigurasi kursinya saja, menjadi 1-1-1.

“Saat ini, lebih banyak yang ubah konfigurasi bangku ke 1-1-1 dari yang awalnya 3-2, 2-2, atau 2-1. Ini juga dikarenakan harganya yang lebih terjangkau daripada buat bodi suites class,” kata Werry kepada Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Generasi Baru Yamaha MX King Sedang Uji Jalan

Jika melakukan ubahan konfigurasi bangku saja, bisa menggunakan bodi bus yang lama, sedangkan suites class harus menggunakan bodi yang baru. Jika mengubah konfigurasi, tinggal menambah rel baru untuk bangku di tengah dan kursi yang baru.

“Sekarang sedang dalam proses, sekitar lima bus social distancing bus, baik yang bodi baru, atau ganti konfigurasinya saja,” ucap Werry.

Selain adanya ubahan konfigurasi bangku, bagian kabin pengemudi juga dipasang sekat dari mika bening. Pemesan juga memiliki pilihan untuk memasang sekat dari mika bening ini atau dibiarkan saja seperti biasa.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X