DAMRI Siapkan Bus Listrik untuk Bus Bandara dan Transjakarta

Kompas.com - 21/09/2020, 17:01 WIB
Bus Listrik Damri facebook.com/KemenbusBus Listrik Damri

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini beredar gambar bus listrik dengan livery DAMRI di Instagram. Menariknya, foto bus DAMRI tersebut diambil di pabrik Edison Motors, pembuat bus listrik asal Korea.

Setelah dikonfirmasi ke pihak Perum DAMRI, foto tersebut benar adanya. DAMRI memang berencana untuk melakukan uji coba bus listrik untuk armadanya. Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui kecocokan bus listrik untuk operasional DAMRI.

Komunikasi Korporasi dan Protokol Perum DAMRI Harys Kristanto mengatakan, pengoperasian bus listrik ini diharapkan ke depannya dapat menekan gas emisi, dan menggantikan bus berbahan bakar minyak sehingga dapat mengurangi polusi udara.

Baca juga: Hasil Moto2 Emilia Romagna 2020, Bastianini Menang, Andi Gilang Posisi 24

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

DETIK-BUS . Kalo dari liverinya si kemungkinan untuk armada angkutan bandara. Secara bis listrik kalo buat AKAP masih belom memungkinkan. Bus listrik ini diproduksi langsung oleh @edisonmotorsev Korea Selatan, jadi statusnya CBU ya. Bener-bener terobosan terbaru yang mantap dari @damriindonesia. Harus dibanyakin yang beginian, biar udara makin bersih. Tapi tentunya harus didukung pemerintah dengan sarana yang memadai. Jangan lupa untuk LIKE & FOLLOW ya sahabat, serta SHARE informasi ini untuk dapat memberikan manfaat dan juga hiburan kepada banyak orang. ???????? . Salam, Kemenbus Terimakasih . #bismania #bismaniacommunity #busmaniacommunity #busmania #busmaniacom #indonesianbus #fotobisindonesia #fotobusindonesia #fotobusshd #busphotography #photobuskita #bisphotogram #buslovers #sukafotobis #ayonaikbis #ayonaikbiscom #eatsleepbus #eatsleepbusindo #officialfotobusindonesia #busenthusiast #gallerybisindonesia #mybusmyadventure #potretbis #damri #busdamri #buskota #buslistrik #biskota #pojokbus #kemenbus . Sumber : FB Yulianto

A post shared by Kemenbus (@kemenbus) on Sep 19, 2020 at 6:56pm PDT

 

“Dalam waktu dekat ini, DAMRI akan menguji coba dahulu bus listrik. Jika hasilnya sesuai harapan, tidak menutup kemungkinan akan dapat diimplementasikan pada seluruh armada di Indonesia,” ucap Harys kepada Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Harys mengatakan, bus listrik ini masih menunggu surat perizinan uji coba dari Ditjen Hubdar. Untuk uji cobanya, nanti akan diperuntukkan bus bandara dan bus Transjakarta. Bus bandara rutenya seperti rute reguler dari bandara menuju titik keberangkatan dari Jakarta.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Emilia Romagna, Dovi Teratas Unggul 1 Poin

“Kemungkinan akan ada dua bus listrik yang diuji coba, satu untuk bus bandara dan satu lagi untuk Transjakarta,” kata Harys.

Harys menambahkan, untuk saat ini yang terdekatnya yaitu uji coba bus bandara. Sementara untuk bus Transjakarta masih dalam proses. Bus dari Korea ini akan didatangkan utuh atau CBU ke Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X