Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DAMRI Siapkan Bus Listrik untuk Bus Bandara dan Transjakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini beredar gambar bus listrik dengan livery DAMRI di Instagram. Menariknya, foto bus DAMRI tersebut diambil di pabrik Edison Motors, pembuat bus listrik asal Korea.

Setelah dikonfirmasi ke pihak Perum DAMRI, foto tersebut benar adanya. DAMRI memang berencana untuk melakukan uji coba bus listrik untuk armadanya. Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui kecocokan bus listrik untuk operasional DAMRI.

Komunikasi Korporasi dan Protokol Perum DAMRI Harys Kristanto mengatakan, pengoperasian bus listrik ini diharapkan ke depannya dapat menekan gas emisi, dan menggantikan bus berbahan bakar minyak sehingga dapat mengurangi polusi udara.

“Dalam waktu dekat ini, DAMRI akan menguji coba dahulu bus listrik. Jika hasilnya sesuai harapan, tidak menutup kemungkinan akan dapat diimplementasikan pada seluruh armada di Indonesia,” ucap Harys kepada Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Harys mengatakan, bus listrik ini masih menunggu surat perizinan uji coba dari Ditjen Hubdar. Untuk uji cobanya, nanti akan diperuntukkan bus bandara dan bus Transjakarta. Bus bandara rutenya seperti rute reguler dari bandara menuju titik keberangkatan dari Jakarta.

“Kemungkinan akan ada dua bus listrik yang diuji coba, satu untuk bus bandara dan satu lagi untuk Transjakarta,” kata Harys.

Harys menambahkan, untuk saat ini yang terdekatnya yaitu uji coba bus bandara. Sementara untuk bus Transjakarta masih dalam proses. Bus dari Korea ini akan didatangkan utuh atau CBU ke Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/21/170100715/damri-siapkan-bus-listrik-untuk-bus-bandara-dan-transjakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke