Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Layanan Beli Mobil di Diler Resmi Selama PSBB Tahap Dua

Kompas.com - 21/09/2020, 14:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua, sejumlah diler mobil di Jakarta tetap buka dan boleh beroperasi.

Namun mempertimbangkan pembatasan kapasitas sebesar 25 persen dan kampanye jaga jarak, diler-diler mobil berupaya menjaring konsumen secara daring.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, mengatakan, layanan pembelian mobil di diler resmi masih beroperasi namun mengikuti aturan yang berlaku.

Baca juga: Selama PSBB Tahap Dua, Pelanggar Lalu Lintas Tetap Ditilang?

Ilustrasi penjualan mobil. ISTIMEWA Ilustrasi penjualan mobil.

“Pelayanan yang kami berikan juga mengikuti aturan-aturan dari protokoler kesehatan yang ada,” ucap Billy, kepada Kompas.com (20/9/2020).

“Diler boleh buka, untuk sales yang pasti kami ikuti regulasi dan kami akan lebih fokus lagi pada penjualan online seperti yang sudah kami jalankan semasa pandemi ini,” katanya.

Seperti diketahui pada masa PSBB, pramuniaga diler tidak bisa jemput bola, misalnya dengan melakukan pameran di mal-mal. Sedangkan konsumen pun enggan jika harus berkunjung ke diler.

Baca juga: Selama Jakarta Terapkan PSBB Tahap 2, Apakah Ada Razia Kendaraan Bermotor?

Tren penjualan Online Tren penjualan Online

Menurut Billy, saat ini langkah paling efektif dengan memanfaatkan teknologi dan sosial media. Selain tentunya menghubungi konsumen-konsumen setia yang kerap melakukan repeat order.

Agar lebih tepat sasaran, berbagai layanan iklan di internet, portal jual-beli, juga dimanfaatkan para pramuniaga.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, selain melakukan penjualan secara online pihaknya turut menggelar pameran secara daring yang disiarkan lewat sejumlah media sosial.

Baca juga: PSBB Tahap Kedua, Bagaimana Jam Operasional Bengkel Mobil di Jakarta?

Peresmian diler Mitsubishi, PT Lautan Berlian Utama di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/9/2019)MMKSI Peresmian diler Mitsubishi, PT Lautan Berlian Utama di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/9/2019)

Nakamura juga menambahkan, aktivitas di platform digital menjadi terobosan yang inovatif untuk memicu pasar dan industri otomotif di tengah situasi pandemi.

“Kegiatan seperti ini juga memungkinkan kami untuk tetap terhubung dengan masyarakat dan konsumen setia Mitsubishi untuk tetap mempersembahkan produk serta layanan terbaik,” ujar Nakamura, dalam keterangan resmi belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com