Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Nyetir Mobil Sendiri Juga Perlu Pakai Masker

Kompas.com - 21/09/2020, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu sempat viral foto yang beredar di media sosial, memperlihatkan petugas yang menindak pengemudi yang tidak menggunakan masker.

Masalah yang diperdebatkan, pengendara itu menyetir mobil milik sendiri dan hanya sendirian di dalam mobil.

Ketentuan menggunakan masker di dalam mobil sebenarnya diatur lewat Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Pada pasal 18 ayat (4) disebutkan bahwa masyarakat yang menggunakan mobil pribadi diwajibkan memakai masker.

Seorang pengendara Pikap dihentikan petugas karena tak pakai masker di Jalan Gajahmada, Denpasar, Jumat (18/9/2020).KOMPAS.com/IMAM ROSIDIN Seorang pengendara Pikap dihentikan petugas karena tak pakai masker di Jalan Gajahmada, Denpasar, Jumat (18/9/2020).
Berkaca dari hal tersebut, sebetulnya perlukah menggunakan masker ketika menyetir mobil sendiri?

Baca juga: Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di DKI Jakarta Hari Ini

Pencegahan

Dokter Rumah Sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, menjelaskan, pemakaian masker sebenarnya adalah tindak pencegahan.

“Kalau memang kondisinya saat kita sendirian berada di dalam mobil, menggunakan mobil pribadi, tidak sharing dengan orang lain yang tidak tinggal satu rumah dengan kita, dan langsung ke titik tujuan, memang risiko penularannya rendah,” ujar Daniel saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Pemberlakuan perluasan pembatasan kendaraan dengan sistem pelat nomor  ganjil genap resmi diterapkan Senin (9/9/2019).KOMPAS.com/Gilang Pemberlakuan perluasan pembatasan kendaraan dengan sistem pelat nomor ganjil genap resmi diterapkan Senin (9/9/2019).

Daniel melanjutkan, jika pengemudi berkendara seorang diri namun mengharuskannya berhenti di beberapa titik (tidak langsung ke tujuan), disarankan untuk selalu menggunakan masker.

“Seperti harus mengambil karcis parkir, bayar tol, atau pengemudi mampir ke tempat lain terlebih dahulu sebelum sampai tujuan diharuskan untuk menggunakan masker,” katanya.

Domisili

Pada kesempatan yang sama, Dokter Rumah Sakit RSCM, Indrafebrina Sugianto, B.MedSci, menyetujui hal tersebut.

Tim gabungan memakaikan masker kepada pengendara di seputaran Pasar Sentral Bantaeng, Sulawesi Selatan. Selasa (15/9/2020).   KOMPAS.com/NURWAHIDAH Tim gabungan memakaikan masker kepada pengendara di seputaran Pasar Sentral Bantaeng, Sulawesi Selatan. Selasa (15/9/2020).

Menurutnya, penggunaan masker di dalam mobil memang hal yang disarankan apalagi jika ada orang lain di dalam mobil yang tidak satu domisili dengan pengemudi tersebut.

Baca juga: Alarm Tidak Bunyi saat Kaca Mobil Dipecah, Apa Penyebabnya?

Jika pengemudi berkendara sendiri juga masih ada risiko transmisi ketika ambil karcis, bayar parkir, tap kartu tol yang mengharuskan buka jendela dan ada orang lain diluar.

"Jika kita tidak menggunakan masker itu bisa berbahaya," kata Indrafebrina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com