Suzuki Siapkan Model Edisi Khusus untuk Indonesia Bulan Depan

Kompas.com - 17/09/2020, 08:22 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), siap menghadirkan produk kejutan yang dirancang khusus dalam jumlah terbatas, alias limited edition. Peluncurannya dikabarkan bakal dihelat pada 10 Oktober mendatang bersamaan dengan ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020.

Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS Harold Donnel, membenarkan hal tersebut. Namun sayangnya informasi mengenai produk apa yang akan dikonversikan sebagai edisi terbatas, masih tertutup rapat.

"Benar, tapi ini produknya nanti limited edition dan memang sudah kita siapkan sebagai sebuah rangkaian dari Suzuki dalam memperingati sesuatu," kata Harold saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: Patuh PSBB, Diler Suzuki Beroperasi 25 Persen, Pabrik Tetap 2 Shift

Disinggung soal model, Harold masih enggan untuk membahas lebih lanjut. Tapi dia memastikan karena statusnya adalah limited edition, makan unitnya bukan lah produk baru, namun mengambil basis dari model yang sudah dipasarkan saat ini.

Soal konsep pada produk versi terbatasnya pun masih dirahasikan. Harold hanya memberikan petunjuk bila memang secara tampilan sudah pasti berbeda dari produk reguler karena ada beberapa rekayasa yang dilakukan.

Suzuki Ignis jadi undian hadiah bagi pengunjung IMX 2020 yang diselenggarakan virtual, 10 Oktober 2020 mendatang.NMAA Suzuki Ignis jadi undian hadiah bagi pengunjung IMX 2020 yang diselenggarakan virtual, 10 Oktober 2020 mendatang.

"Intinya memang bukan produk baru karena limited edition jadi kami buat dari yang ada. Nah soal produknya apa, itu tinggal ditunggu saja bulan depan," ujar Harold.

"Secara tujuan, paling utama peluncuran edisi terbatas itu sebenarnya lebih untuk memperingati sesuatu hal dari Suzuki. Kalau dibilang untuk stimulus pasar juga bisa, karena memang dari segi harga produk yang sudah ada pun kisarannya kompetitif," kata dia.

Seperti diketahui, sebelumnya Suzuki juga sudah pernah memberikan pernyataan bakal meluncurkan satu model baru dengan harga kompetitif.

Kondisi tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sebagian masyarakat yang membutuhkan mobil pribadi karena khawatir menggunakan transportasi umum di saat pandemi masih mengancam.

Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018

Baca juga: Esemka Dikabarkan Pangkas Jumlah dan Gaji Karyawan, Ini Kata Manajemen

"Kebutuhan atas kendaraan bermotor roda empat pribadi masih cukup tinggi, terkhusus di pandemi ini. Namun karena preferensi belanja sedikit bergeser, tentu harga jadi penting. Lalu jika kita tarik beberapa tahun belakangan ada ceruk di pasar mobil harga murah (Rp 100-200 jutaan)," ucap Harold di Agustus lalu.

Merujuk dari pernyataan tersebut, bisa dipastikan modelnya adalah mobil kecil. Bila melihat dari produk yang dimiliki Suzuki saat ini, ada dua model yang secara dimensi dan harga cukup kompetitif, yakni Ignis dan Wagon R.

Suzuki hadirkan edisi khusus ullang tahun ke 25 Wagon R dan StingraySuzuki Suzuki hadirkan edisi khusus ullang tahun ke 25 Wagon R dan Stingray

Tapi bila dikatikan dari segi harga kompetitif, kuat dugaan model yang akan dibikin versi edisi terbatas justru datang dari segmen mobil murah ramah lingkungan, alias low cost green car (LCGC), yakni Wagon R.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.