Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siapkan Model Edisi Khusus untuk Indonesia Bulan Depan

Kompas.com - 17/09/2020, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), siap menghadirkan produk kejutan yang dirancang khusus dalam jumlah terbatas, alias limited edition. Peluncurannya dikabarkan bakal dihelat pada 10 Oktober mendatang bersamaan dengan ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020.

Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS Harold Donnel, membenarkan hal tersebut. Namun sayangnya informasi mengenai produk apa yang akan dikonversikan sebagai edisi terbatas, masih tertutup rapat.

"Benar, tapi ini produknya nanti limited edition dan memang sudah kita siapkan sebagai sebuah rangkaian dari Suzuki dalam memperingati sesuatu," kata Harold saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: Patuh PSBB, Diler Suzuki Beroperasi 25 Persen, Pabrik Tetap 2 Shift

Disinggung soal model, Harold masih enggan untuk membahas lebih lanjut. Tapi dia memastikan karena statusnya adalah limited edition, makan unitnya bukan lah produk baru, namun mengambil basis dari model yang sudah dipasarkan saat ini.

Soal konsep pada produk versi terbatasnya pun masih dirahasikan. Harold hanya memberikan petunjuk bila memang secara tampilan sudah pasti berbeda dari produk reguler karena ada beberapa rekayasa yang dilakukan.

Suzuki Ignis jadi undian hadiah bagi pengunjung IMX 2020 yang diselenggarakan virtual, 10 Oktober 2020 mendatang.NMAA Suzuki Ignis jadi undian hadiah bagi pengunjung IMX 2020 yang diselenggarakan virtual, 10 Oktober 2020 mendatang.

"Intinya memang bukan produk baru karena limited edition jadi kami buat dari yang ada. Nah soal produknya apa, itu tinggal ditunggu saja bulan depan," ujar Harold.

"Secara tujuan, paling utama peluncuran edisi terbatas itu sebenarnya lebih untuk memperingati sesuatu hal dari Suzuki. Kalau dibilang untuk stimulus pasar juga bisa, karena memang dari segi harga produk yang sudah ada pun kisarannya kompetitif," kata dia.

Seperti diketahui, sebelumnya Suzuki juga sudah pernah memberikan pernyataan bakal meluncurkan satu model baru dengan harga kompetitif.

Kondisi tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sebagian masyarakat yang membutuhkan mobil pribadi karena khawatir menggunakan transportasi umum di saat pandemi masih mengancam.

Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018

Baca juga: Esemka Dikabarkan Pangkas Jumlah dan Gaji Karyawan, Ini Kata Manajemen

"Kebutuhan atas kendaraan bermotor roda empat pribadi masih cukup tinggi, terkhusus di pandemi ini. Namun karena preferensi belanja sedikit bergeser, tentu harga jadi penting. Lalu jika kita tarik beberapa tahun belakangan ada ceruk di pasar mobil harga murah (Rp 100-200 jutaan)," ucap Harold di Agustus lalu.

Merujuk dari pernyataan tersebut, bisa dipastikan modelnya adalah mobil kecil. Bila melihat dari produk yang dimiliki Suzuki saat ini, ada dua model yang secara dimensi dan harga cukup kompetitif, yakni Ignis dan Wagon R.

Suzuki hadirkan edisi khusus ullang tahun ke 25 Wagon R dan StingraySuzuki Suzuki hadirkan edisi khusus ullang tahun ke 25 Wagon R dan Stingray

Tapi bila dikatikan dari segi harga kompetitif, kuat dugaan model yang akan dibikin versi edisi terbatas justru datang dari segmen mobil murah ramah lingkungan, alias low cost green car (LCGC), yakni Wagon R.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com