Cara Sederhana Cegah Bensin Basi karena Kendaraan Jarang Dipakai

Kompas.com - 13/09/2020, 09:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - DKI Jakarta akan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 14 September 2020, sehingga kendaraan seperti mobil dan sepeda motor bisa saja jadi jarang dipakai.

Kendaraan yang jarang dipakai bisa mengalami apa yang disebut bensin basi. Bensin basi merupakan sebutan awam untuk merujuk pada penurunan kualitas bensin yang ada di tangki bahan bakar.

Baca juga: Berkendara Jarak Jauh, Jangan Biasakan Minum Suplemen

Ilustrasi mobil di garasi rumahDOK. UNSPLASH Ilustrasi mobil di garasi rumah

Eko Kristiawan, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten, mengatakan, ada tips yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk mencegah bensin basi karena mobil atau motor jarang dipakai.

"Mungkin ini tips ya. Jadi meski tidak digunakan bensin harus diisi penuh, agar tidak ada ruang yang menyebabkan pengembunan di tangki," kata Eko, Jumat, (11/9/2020).

Eko mengatakan, bensin yang terisi penuh menjaga bagian dalam tangki tidak berembun. Sebab saat cuaca panas embun akan menjadi air, tercampur dengan bensin dan merupakan kandungan kimia bensin.

Baca juga: Mengendarai Sepeda Motor Saat PSBB, Lebih Baik Pakai Helm Full Face

Parkir motor khusus moge mulai menjamur di beberapa lokasi incaran para bikerseva.id Parkir motor khusus moge mulai menjamur di beberapa lokasi incaran para biker

"Jadi kalau penuh itu akan aman dari pengembunan. Pengembunan itu akan menciptakan kualitas bahan bakar itu sendiri," katanya.

Tak lupa kata Eko ialah ketika kendaraan jarang digunakan, maka mesin baiknya dipanaskan secara berkala, agar kondisi aki dan baterai terjaga. kemudian periksa oli mesin dan bahan bakar.

"Kemudian untuk perawatan mesin untuk memperhatikan buku manual, atau berkomunikasi langsung dengan mekanik dari bengkel resmi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.