Tekan Polusi, Pertamina Minta Masyarakat Konsumsi BBM Berkualitas

Kompas.com - 12/09/2020, 14:22 WIB
Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III, mengajak masyarakat menggunakan bahan bakar kendaran bermotor yang berkualitas, layaknya Pertamax Series dan Dex Series.

Penggunaan BBM berkualitas tak lain bertujuan agar emisi gas buang kendaraan lebih sedikit, dengan demikian berdampak pada penekanan pencemaran polusi udara.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan menjelaskan, BBM berkualitas memiliki formula aditif khusus yakni antikarat untuk mencegah korosi.

Baca juga: Konsumsi BBM Alami Kenaikkan di PSBB Transisi, Pasokkan Premium dan Pertalite Aman

Selain itu, ada detergen untuk membersihkan daposit pada ruang bakar sehingga dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna dan demulsifer untuk menjaga bahan bakar terkontaminasi air.

Pertamina siaga Covid-19 di SPBUPertamina Pertamina siaga Covid-19 di SPBU

"Dengan aditif tersebut, dia menjelaskan, produk bensin dengan angka oktan diatas 90 bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit. Karena itu, masyarakat yang menggunakan BBM berkualitas tak hanya dapat menjaga mesin kendaraan, namun turut serta menjaga kualitas udara supaya lebih bersih," ucap Eko dalam keterangan resminya, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Eko, udara bersih saat ini menjadi salah satu kepedulian Pertamina. Pasalnya, udara bersih akan meningkatkan kesehatan masyarakat terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Berkaca saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 1 pada awal 2020, berdasarkan kajian Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Konsentrasi Maksimum Particulate Matters (PM) 2,5 menurun sekitar 0,02 persen-35,07 persen di 5 Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU). Selama PSBB, semua SPKU juga telah memenuhi Baku Mutu Harian (<65ug/m3).

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional, Pertamina Gelar Promo Cashback BBM

Ilustrasi SPBU Pertamina. (DOK. Pertamina) Ilustrasi SPBU Pertamina.

Untuk menjaga kualitas udara, Pertamina memiliki beberapa varian produk BBM sesuai jenis dan spesifikasi kendaraan. Untuk kendaraan mesin bensin, dapat menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), atau Pertamax Turbo (RON (98), untuk diesel terdapat varian produk Dexlite dan Pertamina Dex.

"Saat ini dimana sebagian masyarakat sudah menggunakan kendaraannya, kami mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kualitas udara dengan memakai BBM berkualitas tersebut," kata Eko.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X