Mulai Beroperasi 2023, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Siap Dibangun

Kompas.com - 10/09/2020, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Proyek pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA (Yogyakarta International Airport) kini sudah sampai tahap penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengapresiasi keterlibatan perusahaan swasta dalam proyek ini, yakni PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group selaku pemimpin konsorsium proyek Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo.

"Alhamdulillah, konsorsiumnya lead dari swasta, sedangkan Tut Wuri Handayaninya juga ini ada Adhi Karya dan Jasa Marga. Jalan tol ini sudah sangat lama ditunggu masyarakat,” ujar Basuki, dalam keterangan resmi (9/9/2020).

Baca juga: Wuling Victory, Penantang Kijang Innova Seharga Low MPV

Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi

“Bulan depan, ditargetkan ada penandatanganan PPJT lagi untuk Jalan Tol Bawen-Jogja. Jadi nanti Joglosemar (Kawasan Jogja, Solo, Semarang) sudah saling terkoneksi dan menjadi segitiga emas yang terus bergerak tumbuh, khususnya untuk kawasan wisata,” katanya.

Basuki berharap pengerjaan ruas tol baru ini dapat mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Dalam kondisi ini kita siapkan untuk lapangan kerja, dan ke depan untuk pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.

Baca juga: Baru Meluncur, Toyota Yaris Baru Langsung Diskon Rp 15 Juta

 

Tol Solo-Yogyakarta-YIA telah sampai pada tahap penandatanganan pihak-pihak yang terlibat.Istimewa Tol Solo-Yogyakarta-YIA telah sampai pada tahap penandatanganan pihak-pihak yang terlibat.

Senada dengan Basuki, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan, mengatakan, pembangunan jalan tol akan mendorong perekonomian Indonesia.

“Pembangunan jalan tol akan menggerakkan aktivitas ekonomi, antara lain penjualan semen, baja, dan bahan baku lainnya,” ucap Luhut, dalam kesempatan yang sama.

“Selain itu, konstruksi jalan tol akan menyerap banyak tenaga kerja. Tidak hanya itu, kami juga selalu siap membantu percepatan pembebasan lahan proyek jalan tol,” tuturnya.

Baca juga: Honda Jazz Terbalik di GT Cibubur, Ngantuk Jangan Maksa Nyetir

 

Tol Solo-Yogyakarta-YIA siap dibangunIstimewa Tol Solo-Yogyakarta-YIA siap dibangun

Untuk diketahui, Jalan Tol Solo-Yogyakarya-YIA Kulon Progo memiliki panjang 96,57 Km dengan nilai investasi sebesar Rp 26,6 triliun dengan masa konsesi selama 40 tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.