Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Keunggulan Transportasi Baru Mikrotrans Berbasis Toyota HiAce

Kompas.com - 08/09/2020, 07:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah menyediakan layanan baru berupa unit The All New Purwarupa Mikrotrans dengan basis Toyota HiAce pekan lalu (4/9/2020).

Direktur Pelayanan TransJakarta Achmad Izul Waro mengatakan, upaya tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan kenyamanan para pelanggan di transportasi publik.

Pasalnya, angkutan orang terbaru ini lebih mewah dibandingkan angkot dengan berbagai kelebihan, seperti air conditioner (AC) dan kapasitas penuh 15 penumpang.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, DKI Diminta Evaluasi Kebijakan Ganjil Genap

Prototipe Mikrotrans Jak LingkoDSP Styling/Dody Prototipe Mikrotrans Jak Lingko

"Mikrotrans ini lebih mewah, sudah dilengkapi AC dan lebih luas. Jadi berbeda dengan sebelumnya," kata Izul.

Lebih jauh, di kendaraan itu juga terdapat TV layar lebar, CCTV, DVR, running text pada monitor, OBU (Onboard Unit), alat pemadam ringan, dan pintu geser otomatis. Kursi penumpang pun dibuat menggunakan bahan busa yang nyaman.

"Tapi karena harus memenuhi protokol kesehatan, batas maksimum penumpang saat ini 7 (tujuh) orang atau 50 persen dari kapasitas normal," ujar Izul.

"Jadi selain nyaman, Mikrotrans terbaru lebih aman juga," kata dia lagi.

Baca juga: Jadi Angkot, Dishub Pantau Operasional Toyota HiAce Selama 6 Bulan

Prototipe Mikrotrans Jak LingkoDSP Styling/Dody Prototipe Mikrotrans Jak Lingko

HiAce sendiri merupakan salah satu jajaran mobil mewah dari Toyota yang menyajikan kenyamanan dan fasilitas cukup lengkap. Mobil merupakan minibus yang dipasarkan secara konvensional di Indonesia, berbanderol mulai Rp 530 juta.

"Saat ini kita masuk tahap uji coba, baru ada satu unit yang beroperasi dengan rute JAK10 Tanah Abang-Kota, total 78 pemberhentian. Bagi masyarakat yang ingin mencobanya, belum dipungut biaya hingga Maret 2021," ujar Izul.

Dalam tahap uji coba, pihak TransJakarta juga bakal ketat dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan, mulai dari jaga jarak sampai penggunaan masker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com