Jadi Angkot, Dishub Pantau Operasional Toyota HiAce Selama 6 Bulan

Kompas.com - 06/09/2020, 09:21 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bersama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), resmi menguji coba Toyota HiAce sebagai anggota baru Mikrotrans. Namun demikian, untuk tahap statusnya masih purwarupa lebih dulu.

Syafrin Liputo, Kepala Dihub DKI Jakarta, mengatakan untuk saat ini baru hanya satu unit dan pengoperasian dilakukan secara gratis sampai Maret 2021. Hal ini sekaligus untuk melihat tren peminatnya.

"Selama enam bulan berjalan kita uji coba, akan kita pantau dulu bagaimana perkembangannya. Tujuannya tak hanya melihat minat, tapi juga terkait faktor teknis pengoperasiannya," kata Syafrin saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/9/2020).

Baca juga: Toyota HiAce Jadi Angkot Baru TransJakarta

Dari segi teknis yang dimaksud, menurut Syafrin lebih ke sisi kepraktisan HiAce saat dioperasikan menjadi angkot di dalam kota. Mulai dari segi fleksibilitas, handling, kenyamanan, serta perfroma.

Selain itu, sebelum menambah armada, pengujian kali ini juga sekaligus menjadi barometer penentuan rute-rute yang cocok untuk dilintasi mikrotrans HiAce. Sementara untuk standarisasi, menurut Syafrin sudah menggunakan air conditioner (AC) serta mengikuti protokol kesehatan.

"Muatan penuh 15, tapi kita batasi terkait Covid jumlahnya hanya 7. Kita lihat selama satu bulan pertama di koridor yang kita coba ini seperti apa, apakah cocok dengan rutenya atau bagimana. Karena ini kan baru, tapi dimensinya lebih besar dari yang biasa," ucap Syafrin.

Baca juga: Carry, Hiace, dan Mobil Listrik DFSK Jadi Kandidat Jak Lingko

"Perkembanganya akan kami monitor terus sekaligus kami juga akan memulai pemetaan koridor-koridor mana saja yang cocok untuk HiAce ini. Untuk tren masyarakatnya juga akan kita lihat, apakah cocok dan lainnya," kata dia.

Desain Toyota Hiace Jak LingkoIstimewa Desain Toyota Hiace Jak Lingko

Bila ada yang ingin menjajal layanan mikrotrans HiAce ini bisa langsung menemui di rute Tanah Abang-Kota atau JAK10. HiAce akan melayani sepanjang ruas tersebut dengan 78 titik pemberhentian.

Selain AC, ada juga fasilitas TV layar, APAR, serta CCTV dan DVR. Menurut Syafrin, hal tersebut terkait upaya Pemprov DKI dalam meningkatkan standar minimum pelayanan dari segi transportasi.

"Penambahan unit nantinya setelah evaluasi keluar, atau bisa juga sebelumnya sambil kita lihat lagi tren pemakaian dari masyarakatnya seperti apa," kata Syafrin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.