Motor Sering Terjang Hujan, Tangki Harus Rutin Dikuras?

Kompas.com - 06/09/2020, 15:17 WIB
Ilustrasi berkendara musim hujan adiraclubmember.comIlustrasi berkendara musim hujan
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Berkendara menggunakan sepeda motor memang menjadi pilihan banyak orang saat melakukan aktivitas atau bekerja.

Kendaraan roda dua dianggap lebih fleksibel saat dikendarai, terutama saat digunakan di jalanan yang lalulintasnya termasuk padat.

Dengan menggunakan sepeda motor, pengendara lebih bisa menghindari kemacetan lantaran bisa selap selip di jalanan padat kendaraan.

Alasan inilah yang mungkin mendorong masyarakat kemudian banyak yang memilih menggunakan sepeda motor dibandingkan jenis transportasi lainnya.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Hanya saja, saat musim hujan pemilik kendaraan juga harus sedikit mengubah perlakuannya terhadap sang kuda besi.

Tangki motor berkaratFoto: Otomania.gridoto.com Tangki motor berkarat

Seringnya, kendaraan digunakan di bawah guyuran hujan membuat kondisinya lebih cepat kotor dan rawat berkarat.

Salah satu yang perlu dilakukan pemilik kendaraan adalah lebih rajin membersihkannya setelah digunakan saat hujan.

Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa sepeda motor yang sering dikendarai di bawah guyuran hujan juga harus rutin dikuras tangki bensinya.

Alasannya, air hujan bisa saja masuk ke dalam tangki sehingga bisa menyebabkan korosi. Lalu benarkah, tangki motor harus rutin dikuras jika sering terkena hujan?

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang Fachrul Reza mengatakan, saat musim hujan sepeda motor lebih rutin dibersihkan.

Ilustrasi cuci motorafifmotor.files.wordpress.com Ilustrasi cuci motor

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X