Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Sering Terjang Hujan, Tangki Harus Rutin Dikuras?

SEMARANG, KOMPAS.com - Berkendara menggunakan sepeda motor memang menjadi pilihan banyak orang saat melakukan aktivitas atau bekerja.

Kendaraan roda dua dianggap lebih fleksibel saat dikendarai, terutama saat digunakan di jalanan yang lalulintasnya termasuk padat.

Dengan menggunakan sepeda motor, pengendara lebih bisa menghindari kemacetan lantaran bisa selap selip di jalanan padat kendaraan.

Alasan inilah yang mungkin mendorong masyarakat kemudian banyak yang memilih menggunakan sepeda motor dibandingkan jenis transportasi lainnya.

Hanya saja, saat musim hujan pemilik kendaraan juga harus sedikit mengubah perlakuannya terhadap sang kuda besi.

Seringnya, kendaraan digunakan di bawah guyuran hujan membuat kondisinya lebih cepat kotor dan rawat berkarat.

Salah satu yang perlu dilakukan pemilik kendaraan adalah lebih rajin membersihkannya setelah digunakan saat hujan.

Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa sepeda motor yang sering dikendarai di bawah guyuran hujan juga harus rutin dikuras tangki bensinya.

Alasannya, air hujan bisa saja masuk ke dalam tangki sehingga bisa menyebabkan korosi. Lalu benarkah, tangki motor harus rutin dikuras jika sering terkena hujan?

Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang Fachrul Reza mengatakan, saat musim hujan sepeda motor lebih rutin dibersihkan.

“Apabila motor baru saja digunakan saat kondisi hujan, maka setelah sampai di rumah segera cuci atau paling tidak mengguyur bagian-bagian yang kotor agar tidak mengendap dan berkarat di motor,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (6/9/2020).

Langkah ini katanya, untuk mengantisipasi menumpuknya kotoran pada komponen kendaraan yang bisa saja semakin sulit untuk dibersihkan jika sudah mengering.

Selain itu, Reza menambahkan, sebaiknya tangki bensin juga sering dikuras untuk membersihkan kotoran yang kemungkinan bisa masuk.

“Apabila sering melakukan perjalanan dengan motor saat kondisi hujan, maka tak ada salahnya melakukan pengurasan tangki bensin ke bengkel resmi terdekat,” katanya.

Langkah ini, kata dia, bertujuan untuk menjaga kondisi tangki agar tetap bersih meskipun sering dikendarai dalam kondisi hujan.

“Tujuannya adalah untuk membersihkan tangki bensin dari kotoran-kotoran yang masuk secara tak sengaja, terutama untuk motor tipe sport yang posisi tangki bensin terletak di luar,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/06/151718915/motor-sering-terjang-hujan-tangki-harus-rutin-dikuras

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke