Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan Jetbus 2+ dan Jetbus 3+

Kompas.com - 06/09/2020, 08:25 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan bodi bus terus mengalami perubahan. Adiputro sebagai salah satu karoseri besar di Indonesia, terus memperbarui generasi dari bus besarnya. Generasi paling baru bus besar buatan Adiputro yaitu Jetbus 3+.

Sebelumnya, sudah oernah dibahas varian apa saja dari Jetbus 3+ ini, mulai dari HDD, MHD, SHD, UHD, dan SDD.

Namun sekarang, Kompas.com ingin membandingkan generasi sebelumnya yaitu Jetbus 2+ dengan yang paling baru, apa saja ubahannya?

Model Jetbus dari Adiputro ini memang terinspirasi dari bus Setra buatan Daimler. Oleh karena itu, secara desain keseluruhan, tidak ada ubahan yang terlalu besar antara Jetbus 2+ dengan Jetbus 3+. Hanya ada detail-detail kecil yang membuat tampilan Jetbus 3+ menjadi lebih modern.

Baca juga: Penjelasan Brembo Soal Rem Vinales yang Bermasalah di MotoGP Styria

agen bus akapadiechipoy agen bus akap

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, ubahan yang terlihat yaitu adanya bentuk lampu dan bumper yang berbeda.

"Lampu depan Jetbus 2+ masih mengandalkan halogen dan reflektor diamond cut. Sedangkan di Jetbus 3+ lampu utamanya sudah menggunakan dua proyektor dengan bentuk muka yang lebih besar," kata Dimas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian ada juga ubahan di bumper karena menyesuaikan bentuk lampu Jetbus 3+ yang lebih besar. Selanjutnya juga ubahan di rumah lampu kabut, sekarang lebih besar dengan ornamen lampu LED berbentuk seperti bumerang.

Baca juga: Urus STNK Hilang di Samsat, Bisa Diwakilkan?

Masih di bagian depan, ada juga ubahan pada bentuk sekat antara kaca atas dan bawah, atau bisa disebut bando. Pada Jetbus 2+, ada aksen berwarna hitam di bagian atas bando, tujuannya agar sekat terlihat tipis.

Sedangkan pada Jetbus 3+, memiliki bando yang sewarna, sehingga terlihat lebih tebal. Kemudian ada juga versi terbaru dari Jetbus 3+ Voyager yang memiliki aksen krom dari sisi kiri sampai kanan bando.

Beralih ke bagian samping bus, ada ubahan pada selendang dari Jetbus 2+ ke Jetbus 3+. Selendang Jetbus 3+ ada bagian yang terpisah antara bentuk yang vertikal dengan yang memanjang sampai bagian belakang bus. Kemudian di sisi atas depan selendang, ada ornamen lampu LED berwarna oranye.

Bus AKAP lampu variasiPikdo Bus AKAP lampu variasi

Untuk varian terbarunya, Jetbus 3+ Voyager, bentuk dari selendangnya berbeda dari Jetbus 3+. Bentuk bagian yang vertikal seperti lebih kecil, dan agak membulat. Bentuk selendang ini lah yang disebut dengan Voyager, bahkan ada juga yang menamakannya selendang geprek.

Kemudian pada bagian belakang, lampu dari Jetbus 3+ memiliki bentuk yang kebih besar. Bahkan modelnya, dibuat menyambung sampai bagian samping belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com