Salah Kaprah Tentang Jamur di Bodi Mobil

Kompas.com - 04/09/2020, 17:21 WIB
Ilustrasi kaca mobil kusam soloraya.comIlustrasi kaca mobil kusam

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah hal yang lumrah bila noda mengering pada bodi atau kaca mobil disebut jamur. Namun ternyata pemakaian kata jamur dinilai tidak tepat, pasalnya bercak tidak selalu mengandung organisme mikro.

Pemilik 28 Autodetailing Bintaro, Adhimasya Trinanda, mengatakan, bercak atau kerak pada “kulit” mobil merupakan mineral deposit atau sisa bahan mineral yang menempel. Asalnya bisa dari mana saja, salah satunya adalah sisa air hujan yang tidak dibersihkan.

Organisme mikro mungkin saja terbawa air hujan yang menempel di bodi mobil dalam bentuk genangan kecil.

Baca juga: Usai Kicks e-Power, Nissan Siapkan Leaf untuk Indonesia

ilustrasi bersihkan kaca mobilKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi bersihkan kaca mobil

“Bila tidak langsung dibersihkan maka ketika kering bakal berubah jadi bercak. Kondisi itu memungkinkan terjadi ketika mobil kehujanan lantas parkir di tempat panas,” ujar pria yang akrab disapa Aca kepada Kompas.com, Jumat (4/9/2020).

Dalam suhu panas tidak banyak jamur yang bisa hidup. Maka ketika air menguap yang tersisa hanyalah mineral dan kotoran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Honda PCX Hybrid Diskon Belasan Juta Sampai Akhir Tahun

Selain itu, menurut Aca, produk-produk pembersih yang biasa di import dari luar negeri juga tidak ada yang tertulis membersihkan fungus (jamur) adanya mineral deposit removal atau water sport removal.

“Kemungkinan jamur muncul sebenarnya justru pada kabin. Alasannya jamur tersebut bisa berasal dari sisa makanan seperti remah roti atau sisa biskuit atau bisa juga dari kabin yang lembab," kata Aca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.