Aprilia Berencana Rancang Motor Sport 400 cc

Kompas.com - 04/09/2020, 16:41 WIB
Aprilia berencana kembangkan motor sport 400 cc zigwheelsAprilia berencana kembangkan motor sport 400 cc

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen motor sport 400 cc dikabarkan akan kedatangan pemain baru lagi. Aprilia yang sudah menjajaki kelas 150 cc dan 250 cc juga rencananya akan ikut bersaing di kelas 400 cc.

Bekerja sama dengan pabrikan China, Aprilia meluncurkan GPR 250. Namun, sepertinya motor tersebut hanya untuk pasar di Asia saja, khususnya China.

Baca juga: Aprilia Tuono V4 X, Jauh Lebih Beringas

Dikutip dari Zigwheels.com, Diego Graffi, CEO Piaggio India, mengatakan, proyek motor 150 cc tidak diteruskan lagi di India. Sebab, segmen entry level di sana sudah berubah dan konsumen lebih menginginkan motor 250-300 cc.

Aprilia berencana kembangkan motor sport 400 cczigwheels Aprilia berencana kembangkan motor sport 400 cc

Namun demikian, saat peluncuran Vespa Racing Sixties, Graffi menyebutkan bahwa Aprilia sedang mengevaluasi segmen 300-400 cc.

Meski tidak menjelaskan secara detail, tapi Graffi mengonfirmasi bahwa proyek tersebut hampir selesai. Bahkan, dia menyebutkan bahwa motor tersebut akan mulai diproduksi dua atau tiga tahun lagi.

Segmen 300-400 cc cukup masuk akal, karena kompetitor di kelas ini cukup ramai. Ada Honda CB300R, Yamaha R3, Kawasaki Ninja 400, TVS Apache RR, BMW G 310 R, KTM RC 390 dan Duke 390, serta masih banyak lainnya.

Baca juga: Aprilia Merilis GPR 150 untuk Bersaing di Kelas 150 cc

Graffi juga menyebutkan bahwa motor tersebut sepenuhnya baru. Meski didesain dan dikembangkan di Italia, tapi menggunakan masukan dari Aprilia India.

Aprilia juga kabarnya akan mengekspor motor tersebut dari India ke beberapa negara di Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika Latin. Dengan begitu, harga yang ditawarkan bisa cukup kompetitif.

Aprilia berencana kembangkan motor sport 400 cczigwheels Aprilia berencana kembangkan motor sport 400 cc

Untuk spesifikasinya, Aprilia diyakini akan menggunakan mesin satu silinder, berpendingin cairan, DOHC, dan berkapasitas 350-380 cc.

Selain itu, juga akan dibekali dengan 6-percepatan dan slipprler clutch. Sementara desainnya, masih ada benang merah atau tak jauh dari RSV4 1100 dan Tuono V4 1100



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X