Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Velocity Stack, Cara Mudah Tingkatkan Performa Motor Injeksi

Kompas.com - 03/09/2020, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengendara sepeda motor yang merasa tak puas dengan performa mesin skuter matik (skutik) yang masih dalam kondisi standar. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan performanya.

Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan menggunakan velocity stack. Meski ukurannya kecil, tapi piranti ini sangat bermanfaat.

Baca juga: Benarkah BBM Oktan Tinggi Bisa Tingkatkan Performa Kendaraan?

"Velocity gunanya agar aliran udara lebih cepat masuk. Sebab, dia tidak seperti karet. Selain itu, udara yang masuk juga lebih banyak," ujar Freddy A. Gautama, pemilik Ultra Speed Racing, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Velocity stack untuk motor injeksiUltraspeedracing Velocity stack untuk motor injeksi

Prinsip kerja velocity stack adalah mengurangi efek turbulensi udara yang masuk ke bagian moncong throttle body. Produk aftermarket ini membuat udara segar yang dihisap mesin semakin banyak.

Selain itu, aliran udara yang masuk juga semakin deras. Bentuk desain dari velocity stack ini dapat meningkatkan kecepatan serta volume udara yang masuk ke intake.

Baca juga: Oli Ditambah Aditif Bisa Tingkatkan Performa Mesin, Mitos atau Fakta?

Derasnya aliran udara yang masuk akan membuat udara terkompresi pada bagian intake. Sehingga, dapat meningkatkan proses pembakaran yang menghasilkan tenaga lebih besar juga.

Prinsip kerjanya kurang lebih sama seperti ram air yang banyak digunakan oleh motor-motor sport dengan kapasitas mesin besar. Tapi, Kawasaki juga menyematkannya pada Ninja ZX-25R.

Harga velocity stack di pasaran juga beragam, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com