Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

KILAS

Nissan Perkenalkan Teknologi Satu Pedal untuk Gas dan Rem

Kompas.com - 01/09/2020, 12:30 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Chief Marketing Manager NMI Hiroko Wakita mengatakan, Nissan memiliki teknologi One Pedal Operation yang memungkinkan pengemudi mengoperasikan mobilnya dengan satu pedal saja.

“Dengan menggunakan satu pedal saja, hal-hal seperti menjaga jarak dari mobil di depan, berakselerasi dan melambat di jalan menurun, serta berhenti di lampu merah dibuat jadi lebih simpel dan mudah,” ujarnya.

Dia mengatakan itu saat PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memperkenalkan teknologi ini di ajang Indonesia Online Otomotif Festival 2020 (IOOF 2020), tepatnya di segmen Car Tech Update IOOF 2020, Rabu (26/8/2020).

Hiroko menjelaskan, teknologi One Pedal Operation memang didesain untuk mengurangi perpindahan dari satu pedal ke pedal lain.

Baca juga: Di IOOF 2020, Nissan Pamerkan Teknologi Intelligent Cruise Control

Dia menilai, hal ini akan sangat bermanfaat, terutama ketika berkendara di daerah perkotaan dengan lalu lintas yang sangat padat.

Menurutnya, One Pedal Operation dapat mengurangi rasa lelah ketika berkendara dalam situasi tersebut.

“Namun, tanpa menghalangi sang pengendara untuk mengemudi dengan lebih agresif ketika melewati jalan yang berkelok-kelok, sehingga membuat berkendara jadi lebih menarik,” imbuhnya.

Untuk cara mengemudikan, Hiroko menyebut One Pedal Operation tidak susah karena semuanya berdasarkan posisi pedal gas.

“Menginjak pedal gas dalam-dalam akan membuat mobil berakselerasi secara instan, sedangkan mengangkat pedal gas akan membuat mobil melambat seperti menginjak pedal rem,” terangnya.

Baca juga: Sensasi Berkendara ala Mobil Listrik dengan Teknologi e-Power Milik Nissan

Ini karena dengan mengangkat pedal gas, maka akan membuat motor listrik memulai proses deselerasi, dan rem akan diaktifkan secara otomatis apabila mobil sudah berhenti total.

Walau demikian, pengemudi tidak perlu takut bila belum percaya diri menggunakan One Pedal Operation.

Pasalnya, setiap mobil yang memiliki teknologi tersebut juga tetap dilengkapi dengan pedal rem.

Dengan begitu, pengemudi tetap bisa mengoperasikan mobil berteknologi One Pedal Operation layaknya mobil biasa.

Perlu diketahui, One Pedal Operation merupakan salah satu fitur yang tersedia pada mobil-mobil berteknologi e-POWER.

Baca juga: Nissan Umbar Teknologi Canggih di IOOF 2020

Diberitakan gridoto, Minggu (30/8/2020, Nissan sudah menyediakan teknologi ini lewat Nissan Kicks e-POWER yang akan tiba di Indonesia pada Rabu (2/9/2020).

Presiden Direktur NMI Isao Sekiguchi menambahkan, peluncuran teknologi ini merupakan langkah untuk melakukan elektrifikasi pada pabrikannya di Indonesia.

“Peluncuran Kicks e-POWER ini menandakan era baru, di mana Nissan menghadirkan teknologi inovatif e-POWER dan mewakili langkah berani elektrifikasi Nissan di Indonesia,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com