Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Teknologi Canggih Nissan Cegah Tabrak Depan

Kompas.com - 29/08/2020, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dalam gelaran Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020 kembali mengenalkan teknologi canggih yang bisa mencegah tabrak depan, yaitu Intelligent Forward Collision Warning System dan Intelligent Emergency Braking.

Senior Manager Product Marketing PT NMI, Hiroko Wakita mengatakan, Intelligent Forward Collision Warning System mendeteksi pergerakan mendadak kendaraan ke dua di depan pada jalur yang sama.

“Intelligent Forward Collision Warning System memperingatkan pengemudi tentang potensi terjadinya tabrakan di depan,” kata Wakita dalam sesi car tech update IOOF 2020, Jumat (28/8/2020).

Baca juga: Bocor, Ini Sosok Harley-Davidson 338R Buatan China

Intelligent Emergency Braking NissanNissan Global Intelligent Emergency Braking Nissan

Sedangkan Intelligent Emergency Braking secara otomatis mengaktifkan pengereman ringan sampai darurat jika risiko tabrakan meningkat. Kedua sistem ini memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pengendaranya.

“Sistem ini juga mengurangi kecemasan dan memberikan keamanan dan kenyamanan untuk bepergian ke mana pun, dalam berbagai macam situasi berkendara,” ucap Wakita.

Baca juga: Honda Jazz Facelift Meluncur, Punya Mesin Baru dan Sunroof

Untuk cara kerjanya, Wakita menjelaskan, Intelligent Forward Collision Warning System menggunakan sensor radar yang terletak di belakang gril bagian bawah bumper depan.

Jadi jika kendaraan ke dua di depan kita melakukan perlambatan mendadak atau berpindah lajur akan mengaktifkan dengan mengedipkan indikator dan bunyi peringatan untuk mengurangi risiko tabrakan di depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com