Mengenal Teknologi Canggih Nissan Cegah Tabrak Depan

Kompas.com - 29/08/2020, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dalam gelaran Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020 kembali mengenalkan teknologi canggih yang bisa mencegah tabrak depan, yaitu Intelligent Forward Collision Warning System dan Intelligent Emergency Braking.

Senior Manager Product Marketing PT NMI, Hiroko Wakita mengatakan, Intelligent Forward Collision Warning System mendeteksi pergerakan mendadak kendaraan ke dua di depan pada jalur yang sama.

“Intelligent Forward Collision Warning System memperingatkan pengemudi tentang potensi terjadinya tabrakan di depan,” kata Wakita dalam sesi car tech update IOOF 2020, Jumat (28/8/2020).

Baca juga: Bocor, Ini Sosok Harley-Davidson 338R Buatan China

Intelligent Emergency Braking NissanNissan Global Intelligent Emergency Braking Nissan

Sedangkan Intelligent Emergency Braking secara otomatis mengaktifkan pengereman ringan sampai darurat jika risiko tabrakan meningkat. Kedua sistem ini memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pengendaranya.

“Sistem ini juga mengurangi kecemasan dan memberikan keamanan dan kenyamanan untuk bepergian ke mana pun, dalam berbagai macam situasi berkendara,” ucap Wakita.

Baca juga: Honda Jazz Facelift Meluncur, Punya Mesin Baru dan Sunroof

Untuk cara kerjanya, Wakita menjelaskan, Intelligent Forward Collision Warning System menggunakan sensor radar yang terletak di belakang gril bagian bawah bumper depan.

Jadi jika kendaraan ke dua di depan kita melakukan perlambatan mendadak atau berpindah lajur akan mengaktifkan dengan mengedipkan indikator dan bunyi peringatan untuk mengurangi risiko tabrakan di depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.