Cara Mudah Cegah Timbulnya Karat pada Bodi Mobil

Kompas.com - 28/08/2020, 11:02 WIB
Lapisan anti karat blogger otomotifLapisan anti karat

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangan karat pada mobil memiliki sifat yang sangat merusak karena mampu menjadikan bagian tertentu keropos. Tentu, ini membuat mobil berkurang kekuatannya, apalagi jika mengenai sasis.

Di samping itu, mendeteksi karat pada tahap awal cukup sulit hingga akhirnya menjalar dan sulit diperbaiki. Maka dibutuhkan langkah-langkah antisipatif dari pemilik agar potensi tersebut dikurangi.

Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya menjelaskan, karat merupakan hasil korosi, oksidasi suatu logam yang punya sifat merugikan dan cepat menyebar.

Baca juga: Ban Mobil Berbunyi Dengung, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Bengkel resmi Auto2000Foto: Istimewa Bengkel resmi Auto2000

“Serangan karat sulit untuk dideteksi dan berubah menjadi masalah besar bila tidak segera ditangani. Untuk itu, lakukan paling tidak tiga hal ini supaya bisa terhindar," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (28/8/2020).

Pertama, cuci mobil secara rutin terutama pada bagian kolong. Bagi Anda yang senang mencuci mobil sendiri, hindari melakukan kegiatan tersebut di bawah terik matahari atau pohon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Gunakan alat yang sesuai dan jangan paksakan menggunakan air tanah yang kurang layak," ujar Ricky.

"Pastikan seluruh bagian mobil kering sempurna dan lakukan inspeksi bodi mobil dari potensi karat, ditandai oleh noktah berwarna merah di permukaan logam yang mengelupas saat dikerok," lanjutnya.

Baca juga: Mengenal Lapisan Anti-Karat di Kolong Mobil

Ilustrasi mobil melintas genangan saat banjir Jakarta awal tahun 2020Dok. Otomotif Group Ilustrasi mobil melintas genangan saat banjir Jakarta awal tahun 2020

Kedua, ketika mobil mengalami 'luka' meski hanya baret kecil, jangan tunda untuk melakukan perbaikan ke body repair. Pasalnya, hal itu merupakan pintu masuk terbentuknya karat.

Kemudian, pemilik bisa menggunakan lapisan antikarat yang diperuntukkan bagi mobil dan terpercaya. Anti karat yang baik terbuat dari material Bitumen berwarna hitam.

"Setidaknya melakukan pemberian lapisan antikarat setiap satu tahun sekali. Tapi ingat, meski sudah pakai cara ini, bukan berarti mobil tidak diperhatikan," kata Ricky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.