Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Hiburan AVOD di Bus, Sama Seperti di Pesawat

Kompas.com - 27/08/2020, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSistem hiburan pada bus antar kota antar provinsi (AKAP) menjadi fitur yang penting untuk menghilangkan kebosanan di jalan. Jika zaman dahulu mengadalkan TV, sekarang sudah ada yang lebih canggih, yaitu Audio Video On Demand (AVOD).

Sistem AVOD ini biasa terpasang pada bus dengan kelas pelayanan super eksekutif bahkan suites class. Bedanya dengan TV, penumpang bisa menentukan sendiri apa yang ingin dilihat melalui layar AVOD yang ada di depannya.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, sistem hiburan AVOD ada di setiap bangku penumpang bus, berbeda dengan TV yang hanya ada di bagian depan dan tengah bus.

Baca juga: Ini yang Bikin Brio Jadi Mobil Primadona Honda

posisi duduk suites classKompas.com/Fathan Radityasani posisi duduk suites class

“AVOD terpasang di setiap kursi penumpang. Berbeda dengan sistem hiburan biasa, AVOD bisa diatur sesuai keinginan penumpangnya. Bentuknya seperti tablet android pada setiap kursinya,” ucap Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, AVOD juga biasanya sudah menggunakan layar sentuh. Kemudian bisa menayangkan film atau mendengarkan musik sesuai keinginan penumpang. Selain itu, AVOD juga didukung dengan konektivitas USB.

Baca juga: Berikut Perilaku yang Bisa Menggugurkan Garansi Resmi Mobil

“AVOD yang terpasang sudah layar sentuh, lalu bisa memainkan film yang diinginkan dengan mencolokkan USB ke sistem hiburannya. Tetapi untuk mendengarkan audionya, penumpang harus menggunakan headset,” kata Werry.

Dengan menggunakan AVOD di kabin bus, sistem hiburan yang dimiliki bus AKAP saat ini sudah tidak kalah dengan pesawat. Apalagi infrastruktur jalan tol yang semakin luas dan bus-bus baru membuat kualitas perjalanan semakin nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com