Salin Artikel

Sistem Hiburan AVOD di Bus, Sama Seperti di Pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com – Sistem hiburan pada bus antar kota antar provinsi (AKAP) menjadi fitur yang penting untuk menghilangkan kebosanan di jalan. Jika zaman dahulu mengadalkan TV, sekarang sudah ada yang lebih canggih, yaitu Audio Video On Demand (AVOD).

Sistem AVOD ini biasa terpasang pada bus dengan kelas pelayanan super eksekutif bahkan suites class. Bedanya dengan TV, penumpang bisa menentukan sendiri apa yang ingin dilihat melalui layar AVOD yang ada di depannya.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, sistem hiburan AVOD ada di setiap bangku penumpang bus, berbeda dengan TV yang hanya ada di bagian depan dan tengah bus.

“AVOD terpasang di setiap kursi penumpang. Berbeda dengan sistem hiburan biasa, AVOD bisa diatur sesuai keinginan penumpangnya. Bentuknya seperti tablet android pada setiap kursinya,” ucap Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, AVOD juga biasanya sudah menggunakan layar sentuh. Kemudian bisa menayangkan film atau mendengarkan musik sesuai keinginan penumpang. Selain itu, AVOD juga didukung dengan konektivitas USB.

“AVOD yang terpasang sudah layar sentuh, lalu bisa memainkan film yang diinginkan dengan mencolokkan USB ke sistem hiburannya. Tetapi untuk mendengarkan audionya, penumpang harus menggunakan headset,” kata Werry.

Dengan menggunakan AVOD di kabin bus, sistem hiburan yang dimiliki bus AKAP saat ini sudah tidak kalah dengan pesawat. Apalagi infrastruktur jalan tol yang semakin luas dan bus-bus baru membuat kualitas perjalanan semakin nyaman.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/27/182100315/sistem-hiburan-avod-di-bus-sama-seperti-di-pesawat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.