3 Posisi Berkendara yang Kerap Diabaikan Pengguna Motor

Kompas.com - 22/08/2020, 16:40 WIB
Posisi berkendara Honda CBR250RR yang cukup nyaman untuk riding dalam kota. Istimewa-Bayu Nur PatriaPosisi berkendara Honda CBR250RR yang cukup nyaman untuk riding dalam kota.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi berkendara sangat berpengaruh pada ergonomi. Postur yang salah bisa membuat pengendara sepeda motor jadi cepat lelah, pegal dan kurang konsenstrasi.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, sering kali pengendara kurang memperhatikan postur tubuh yang tepat ketika naik motor sehingga jadi cepat lelah.

"Kelelahan karena berkendara bisa menjadi pengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan lebih parah bisa memicu terjadinya kecelakaan," kata Agus yang dihubungi belum lama ini.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Cek Karet Wiper, Ini Alasannya

Posisi berkendara yang dianjurkan.Korlantas Posisi berkendara yang dianjurkan.

Agus mengatakan, setidaknya ada tiga postur berkendara yang kurang diperhatikan pengendara motor. Ketiganya ialah posisi siku, lutut dan juga kaki.

Sikut

Sering terjadi sikut terlalu lurus saat memegang setang. Untuk tipe motor sport biasanya terjadi karena posisi setang yang rendah.

Kerap juga terjadi karena pengendara duduk terlalu ke belakang sehingga tangan jadi lurus saat memegang setang.

Baca juga: Waspada, Air Hujan Bisa Sebabkan Jamur pada Kaca Mobil

Padahal kata Agus, posisi sikut yang benar saat naik motor yakni sedikit ditekuk. Hal ini supaya tangan dan pundak lebih rileks.

“Posisi siku tangan sedikit menekuk untuk meredam guncangan dari motor. Posisi ini dilakukan agar guncangan yang ditimbulkan dari roda depan dapat ditahan oleh siku, tidak langsung ke pundak,” ujar Agus.

Posisi berkendara Yamaha R15 dan Honda CBR 150Otomania/Setyo Adi Posisi berkendara Yamaha R15 dan Honda CBR 150

Lutut

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X