Trik Sederhana Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Kompas.com - 19/08/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi proses pembersihan mika lampu mobil carsales.com.auIlustrasi proses pembersihan mika lampu mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mika lampu yang kusam membuat tampilan mobil jadi kurang sedap dipandang. Selain itu mika yang buram juga membuat pancaran cahaya dari lampu tidak maksimal.

Untuk mengatasinya tidak sulit, asalkan kondisinya belum terlalu parah. Presiden Direktur XTO Car Care Christopher Sebastian mengatakan, pemilik bisa menggunakan pasta gigi.

Baca juga: Alasan Utama Mobil Harus Gunakan Cairan Khusus Wiper

“Cara sederhana bisa dilakukan untuk membersihkan mika lampu adalah dengan pasta gigi,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Proses pembersihan mika lampu mobil dapat menggunakan pasta gigiitstillruns.com Proses pembersihan mika lampu mobil dapat menggunakan pasta gigi

Aplikasinya tidak sulit. Pertama cukup cuci headlamp sampai bersih kemudian keringkan. Setelah itu beri oleskan pasta gigi secara merata ke permukaan dan gosok dengan pola melingkar.

"Gosok melingkar kemudian diamkan sejenak, lalu siram dengan air hingga bersih,” katanya.

Christopher mengatakan, menggunakan pasta gigi cuma berfungsi jika kondisi mika lampu belum begitu parah. Tapi jika sudah menguning maka tidak bisa cuma membersihkan dari bagian luar saja.

Baca juga: Mengenal Bus Engkel, Bus Kecil dengan Sasis Truk

Ragam lampu mobil yang dijual oleh salah satu toko spare parts di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.Fachri Fachrudin Ragam lampu mobil yang dijual oleh salah satu toko spare parts di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.

“Kalau sudah kusam dan berubah warna jadi kuning itu tidak bisa dibersihkan dari luar saja, harus dibuka biar bagian dalam bisa dibersihkan juga,” uapnya.

Proses

Jika memutuskan untuk membersihkan mika bagian dalam maka harus membuka headlamp. Waktu yang dibutuhkan pastinya lebih lama, tapi bisa selesai dalam hitungan jam.

Proses ini biasanya dilakukan di bengkel. Selain membersihkan mika dalam, pembersihan mika bagian luar juga dilakukan dengan cara wet sanding atau pengamplasan, compounding, polisihing, dan semi coat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X