Kompas.com - 18/08/2020, 14:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu tempat penyimpanan yang ada di kabin bus yaitu bagasi yang ada di atas kepala penumpang. Modelnya pun mengalami perubahan, mulai dari tanpa penutup, sampai sekarang yang memakai penutup seperti di kabin pesawat.

Lalu selain menjadi tempat penyimpanan barang kecil di kabin, apa saja fungsi lain dari bagasi di atas kepala penumpang ini?

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, fungsi utamanya yaitu untuk menyimpan barang penumpang yang berukuran kecil. Selain itu, bisa juga menjadi cooler box, tempat speaker dipasang, dan colokan listrik.

Baca juga: Toyota Luncurkan Innova TRD Sportivo, Simak Daftar Harganya

Cooler box di kabin busMelody Transport Cooler box di kabin bus

Bagasi di atas kepala, bisa juga diaplikasikan sebagai cooler box. Nantinya udara dingin disalurkan dari AC menuju bagian tersebut, kemudian bagian dalamnya dilapis dengan aluminium foil,” kata Werry kepada Kompas.com, Rabu (18/8/2020).

Adanya cooler box ini bisa menunjang kenyamanan penumpang karena minumal akan tetap dingin walaupun dalam perjalanan jauh. Kemudian untuk penutupnya sendiri, sekarang sudah menjadi standar pada bodi bus buatan Laksana.

“Memang sudah standarnya pakai penutup. Kalau bodi Discovery, biasanya terbuka tanpa tutup, tapi kalau request bisa saja ditambah penutupnya,” ucap Werry.

Baca juga: Pasar Otomotif Kembali Menggeliat di Juli 2020, Berikut Merek Terlaris

Selain dijadikan tempat menyimpan barang kecil dan cooler box, bagasi di atas kepala juga berfungsi sebagai tempat speaker. Speaker yang ada di bus biasanya sekitar enam buah, dipasang di atas agar tidak mengganggu ruang penumpang.

Selanjutnya, sebelum colokan listrik berada di kursi tiap penumpang, posisinya ada di bagasi atas kepala. Biasanya bentuk colokan berupa terminal dengan dua sampai tiga lubang colokan, sehingga bisa mengisi daya beberapa perangkat sekaligus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.