Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Beragam Fungsi Bagasi yang Ada di Kabin Bus

Kompas.com - 18/08/2020, 14:54 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu tempat penyimpanan yang ada di kabin bus yaitu bagasi yang ada di atas kepala penumpang. Modelnya pun mengalami perubahan, mulai dari tanpa penutup, sampai sekarang yang memakai penutup seperti di kabin pesawat.

Lalu selain menjadi tempat penyimpanan barang kecil di kabin, apa saja fungsi lain dari bagasi di atas kepala penumpang ini?

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, fungsi utamanya yaitu untuk menyimpan barang penumpang yang berukuran kecil. Selain itu, bisa juga menjadi cooler box, tempat speaker dipasang, dan colokan listrik.

Baca juga: Toyota Luncurkan Innova TRD Sportivo, Simak Daftar Harganya

Cooler box di kabin busMelody Transport Cooler box di kabin bus

Bagasi di atas kepala, bisa juga diaplikasikan sebagai cooler box. Nantinya udara dingin disalurkan dari AC menuju bagian tersebut, kemudian bagian dalamnya dilapis dengan aluminium foil,” kata Werry kepada Kompas.com, Rabu (18/8/2020).

Adanya cooler box ini bisa menunjang kenyamanan penumpang karena minumal akan tetap dingin walaupun dalam perjalanan jauh. Kemudian untuk penutupnya sendiri, sekarang sudah menjadi standar pada bodi bus buatan Laksana.

“Memang sudah standarnya pakai penutup. Kalau bodi Discovery, biasanya terbuka tanpa tutup, tapi kalau request bisa saja ditambah penutupnya,” ucap Werry.

Baca juga: Pasar Otomotif Kembali Menggeliat di Juli 2020, Berikut Merek Terlaris

Selain dijadikan tempat menyimpan barang kecil dan cooler box, bagasi di atas kepala juga berfungsi sebagai tempat speaker. Speaker yang ada di bus biasanya sekitar enam buah, dipasang di atas agar tidak mengganggu ruang penumpang.

Selanjutnya, sebelum colokan listrik berada di kursi tiap penumpang, posisinya ada di bagasi atas kepala. Biasanya bentuk colokan berupa terminal dengan dua sampai tiga lubang colokan, sehingga bisa mengisi daya beberapa perangkat sekaligus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com