Posisi yang Benar Memegang Behel Motor untuk Boncenger

Kompas.com - 15/08/2020, 12:01 WIB
Behel Honda PCX 150. FeBehel Honda PCX 150.

JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi duduk yang benar saat berada di atas motor bukan hanya perlu diperhatikan oleh pengendara. Bagi orang yang dibonceng alias boncenger juga penting untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan selama di jalan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah posisi tangan. Selain berpegangan atau memeluk pengendara, maka posisi kedua tangan boncenger seharusnya sejajar dengan bahu dan memegang behel motor.

Baca juga: Sport Vs Matik, Mana yang Lebih Disukai Wanita Untuk Boncengan?

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, posisi tangan boncenger saat pegangan behel bukan di belakang, melainkan sejajar bahu.

Behel sepeda motor, bukan cuma hiasan.Febri Ardani/KompasOtomotif Behel sepeda motor, bukan cuma hiasan.

"Postur tubuh seperti itu dinilai ideal dan mesti dipahami sebab posisi duduk boncenger juga menentukan keseimbangan biker," ujar Jusri, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jusri menambahkan, posisi tangan sebaiknya dekat dengan pinggul. Jika melihat desain motor sekarang, behel itu sudah bukan dipegang ke belakang, tapi dekat pinggul.

Baca juga: Ingat Lagi Aturan Boncengan Motor dan Penumpang Mobil di PSBB Jabar

Behel motor memang terlihat tampak sederhana atau bahkan hanya dianggap sebagai penghias. Padahal, behel punya peran penting bagi boncenger untuk berpegangan.

Selain itu, behel juga berfungsi sebagai pegangan saat parkir standar tengah dan menahan beban lebih agar bodi tidak rusak. Untuk itu, penting bagi pemilik motor agar tidak mencopot behel.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X