Sempat Anjlok di Awal Pandemi, Kini Harga Mobil Lelang Berangsur Naik

Kompas.com - 15/08/2020, 07:12 WIB
mobil bekas yang dijual secara lelang di ibid-balai lelang serasi Ari Purnomomobil bekas yang dijual secara lelang di ibid-balai lelang serasi
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga mobil bekas di balai lelang sempat mengalami penurunan signifikan di awal pandemi Covid-19, yakni pada Februari 2020.

Tak tanggung-tanggung, penurunan harga di salah satu balai lelang Ibid bahkan mencapai Rp 20 juta per unit pada Mei 2020

Namun, kini mobil yang dijual secara lelang sudah berangsur naik sejak dua bulan terakhir, yakni Juni hingga Juli 2020.

Presiden Direktur Ibid-Balai Lelang Serasi Daddy Doxa Manurung mengatakan, harga mobil lelang sudah membaik mulai dari Juni 2020.

Tetapi, kenaikan harga ini kata Daddy tidak bisa dikatakan normal seperti sebelum pandemi Covid-19 atau Januari hingga Februari 2020.

Baca juga: 10 Mobil Bekas Rp 25 Jutaan, Bisa Dapat BMW Lawas

“Lelang mobil kondisinya sudah membaik dari Juni, tapi kalau dibilang normal seperti Januari Februari belum. Masih ada selisih antara Rp 5 juta hingga Rp 6 juta,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa hari lalu.

Ilustrasi menjual mobil bekas (Dok. Shutterstock) Ilustrasi menjual mobil bekas (Dok. Shutterstock)

Daddy menambahkan, di awal pandemi, yakni pada April hingga Mei 2020 penurunan harga menjadi yang terparah karena mencapai Rp 20 juta.

“Saya tidak tahu apakah ini akan menjadi harga normal baru atau tidak. Nanti lihat pada bulan ini (Agustus) kalau tetap berarti ini bisa menjadi harga normal baru,” tuturnya.

Baca juga: Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Jutaan Semakin Diburu, Ini Alasannya

Daddy menambahkan, dirinya juga belum bisa memastikan apakah harga mobil lelang ini akan bisa kembali seperti sebelum adanya virus Corona atau tidak.

Mengingat, kondisinya masih belum pasti dan dirinya pun belum bisa memprediksi mengenai harga mobil lelang kedepannya.

Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.Ari Purnomo Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.

“Harganya masih di bawah Januari-Februari, belum bisa balik seperti sebelumnya. Lihat Agustus ini seperti apa,” katanya.

Disinggung mengenai peminat lelang di masa pandemi Covid-19 ini, Daddy menyampaikan, sejak dibuka lelang secara online peminatnya justru semakin bertambah.

Baca juga: 10 Mobil Bekas Asal Eropa dan AS Harga Rp 50 Jutaan

Tak hanya dari wilayah tempat diadakannya lelang saja, tetapi justru dari kota lain di luar pelaksanaan lelang.

“50 persen peserta lelang justru dari luar kota, misalkan lelang diadakan di Jakarta pesertanya ada yang dari Surabaya, Medan, Semarang, Bandung dan kota lainnya,” tuturnya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X