Kompas.com - 13/08/2020, 10:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era kenormalan baru, roda ekonomi di Indonesia mulai bergerak. Sejumlah industri kembali beraktivitas, termasuk sektor otomotif, di mana penjualan kendaraan komersial mulai mengeliat.

Hal ini sejalan dengan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menyebutkan, geliat sektor otomotif mulai terlihat pada dua bulan terakhir ini, di mana penjualan mulai membaik.

Menurut data Gaikindo, pada bulan Juli 2020 penjualan mobil Wholesales tercatat sebesar 25.283 unit dan pada bulan Juni 2020 tercatat sebanyak 12.623 unit. Angka ini jauh di atas penjualan pada Mei 2020 yang tercatat hanya sebesar 3.551 unit.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Gonti-ganti Merek Oli Bisa Merusak Mesin?

Dengan membaiknya penjualan, maka otomatis penjualan suku cadang juga meningkat. Parts & Accessories Department Head PT Astra International Tbk Isuzu, Dedi Santosa, mengatakan, pihaknya terus meningkatkan pelayanan suku cadang untuk mendukung aktivitas konsumen.

“Saat ini ada 1.800 outlet suku cadang Isuzu yang tersebar di Indonesia. Khusus bagi konsumen fleet dapat memanfaatkan layanan berbasis webside yang bisa diakses kapan saja dan dari mana saja,” ujar Dedi melalui keterangan resmi, Rabu (12/8/2020).

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

Caranya, cukup mengakses webside, membuka katalog, dan memesan suku cadang yang dibutuhkan. Selanjutnya, pihak Isuzu akan melayani kebutuhan mereka tersebut.

Terkait dengan pelayanan di masa pandemi Covid-19 ini, Dedi menjelaskan, Isuzu sejak April lalu telah memberikan diskon untuk servis dan pembelian suku cadang.

Lanjut Dedi, suku cadang yang paling banyak diminta konsumen adalah yang fast moving seperti filter oli, filter udara, kampas rem, dan kampas kopling.

“Khusus untuk bulan Agustus ini, Isuzu memberikan potongan harga untuk pembelian suku cadang sebesar 7,5 persen, diskon jasa servis 35 persen, dan pembelian oli mendapatkan diskon 25 persen,” terangnya.

Baca juga: Bus Buatan Ungaran Ternyata Sering Ditiru Negara Lain

Pemberian diskon tersebut merupakan wujud kepedulian Isuzu untuk meringankan beban konsumen di tengah pandemi Covid-19.

Dedi menambahkan, meski di tengah pandemi penjualan suku cadang Isuzu dalam dua bulan terakhir mengalami peningkatan.

“Pada bulan Juni 2020, penjualan suku cadang sudah mencapai 75 persen dari periode yang sama tahun lalu. Sedangkan, di bulan Juli telah meningkat menjadi 85 persen. Diharapkan pada Agustus 2020, penjualan suku cadang Isuzu akan menyamai penjualan pada periode yang sama tahun lalu,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.