Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Custom Kawasaki Z250 Geser Aliran Jadi Tracker

Kompas.com - 11/08/2020, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tantangan dalam modifikasi sepeda motor ialah mengubah aliran motor tapi tetap memakai komponen bawaan pabrik. Seperti yang terjadi pada Kawasaki Z250 yang satu ini.

Rifai Nurhasan, builder dari N’Joy 76 Extreme Custom, Sleman, mengatakan, awalnya dia mendapat order dari konsumen yang ingin motor custom tracker dan sudah punya desain awal sendiri.

Kawasaki Z250Foto: Kustomfest Kawasaki Z250

“Kustomer dari motor ini punya keinginan bikin motor dengan tema Street Flat Tracker, ia sodorkan desain awal yang kemudian saya improvisasi lagi agar lebih sempurna,” kata Fifai mengutip Kustomfest.com, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Honda Umumkan 20 Karya Terbaik Modifikasi Virtual Brio

Menariknya, pemilik ingin tetap mempertahankan beberapa bagiannya dengan parts original. Rifai pun mengaku butuh waktu agar motor tampilan tetap enak dilihat, nyaman dan tetap aman.

“Tantangan bikin motor custom yang beberapa bagiannya masih mempertahankan part original yakni saat membuat sekaligus menyatukan bagian kustom agar tetap dinamis dan kelihatan menyatu tidak maksa," kata Rifai.

Kawasaki Z250Foto: Kustomfest Kawasaki Z250

Salah satu yang butuh penyesuaian ialah saat memadukan tangki bahan bakar original dengan konsep motor ini. Sebab tangki standar Z250 sangat sporty, sedangkan tracker biasanya lebih ke arah klasik.

“Saya rasa lebih mudah memadukan jika semuanya full kustom termasuk rangka bahan bakar,” kata Rifai.

Baca juga: Modifikasi Aprilia RS 125 Neo Cafe rRcer

Kawasaki Z250Foto: Kustomfest Kawasaki Z250

Rifai tetap mempertahankan sasis utama, tapi sub frame dan lengan ayun bikin sendiri. Tujuannya untuk mendapat proporsi yang dinginkan dan mengeluarkan detail street flat tracker yang coba diusung.

Sebagai pemanis lampu depan pakai Daymaker dan diberikan windshield. Bagian samping radiator pakai cover pelindung dan mesin diberi guard cover untuk menampilkan kesan kuat dan kokoh.

Untuk mesin diputuskan dibiarkan standar bawaan karena dirasa sudah mencukupi untuk kebutuhan harian. Semua dikerjakan sendiri oleh Rifai hingga pada tahap finishing seperti cat dan powder coating.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com