Custom Kawasaki Z250 Geser Aliran Jadi Tracker

Kompas.com - 11/08/2020, 15:41 WIB
Kawasaki Z250 Foto: KustomfestKawasaki Z250
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tantangan dalam modifikasi sepeda motor ialah mengubah aliran motor tapi tetap memakai komponen bawaan pabrik. Seperti yang terjadi pada Kawasaki Z250 yang satu ini.

Rifai Nurhasan, builder dari N’Joy 76 Extreme Custom, Sleman, mengatakan, awalnya dia mendapat order dari konsumen yang ingin motor custom tracker dan sudah punya desain awal sendiri.

Kawasaki Z250Foto: Kustomfest Kawasaki Z250

“Kustomer dari motor ini punya keinginan bikin motor dengan tema Street Flat Tracker, ia sodorkan desain awal yang kemudian saya improvisasi lagi agar lebih sempurna,” kata Fifai mengutip Kustomfest.com, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Honda Umumkan 20 Karya Terbaik Modifikasi Virtual Brio

Menariknya, pemilik ingin tetap mempertahankan beberapa bagiannya dengan parts original. Rifai pun mengaku butuh waktu agar motor tampilan tetap enak dilihat, nyaman dan tetap aman.

“Tantangan bikin motor custom yang beberapa bagiannya masih mempertahankan part original yakni saat membuat sekaligus menyatukan bagian kustom agar tetap dinamis dan kelihatan menyatu tidak maksa," kata Rifai.

Kawasaki Z250Foto: Kustomfest Kawasaki Z250

Salah satu yang butuh penyesuaian ialah saat memadukan tangki bahan bakar original dengan konsep motor ini. Sebab tangki standar Z250 sangat sporty, sedangkan tracker biasanya lebih ke arah klasik.

“Saya rasa lebih mudah memadukan jika semuanya full kustom termasuk rangka bahan bakar,” kata Rifai.

Baca juga: Modifikasi Aprilia RS 125 Neo Cafe rRcer

Kawasaki Z250Foto: Kustomfest Kawasaki Z250

Rifai tetap mempertahankan sasis utama, tapi sub frame dan lengan ayun bikin sendiri. Tujuannya untuk mendapat proporsi yang dinginkan dan mengeluarkan detail street flat tracker yang coba diusung.

Sebagai pemanis lampu depan pakai Daymaker dan diberikan windshield. Bagian samping radiator pakai cover pelindung dan mesin diberi guard cover untuk menampilkan kesan kuat dan kokoh.

Untuk mesin diputuskan dibiarkan standar bawaan karena dirasa sudah mencukupi untuk kebutuhan harian. Semua dikerjakan sendiri oleh Rifai hingga pada tahap finishing seperti cat dan powder coating.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X