Goresan di Bodi Mobil Bisa Dihilangkan Pakai Losion, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 11/08/2020, 15:22 WIB
Cairan pelapis cat mobil, melindungi dari ancaman goresan. Donny Apriliananda/Kompas.comCairan pelapis cat mobil, melindungi dari ancaman goresan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik kendaraan bermotor yang mengandalkan losion anti nyamuk sebagai solusi alternatif untuk menyamarkan goresan pada bodi mobil maupun motornya.

Sebab, bahan tersebut sangat murah dan mudah didapat dibandingkan harus ke salon khusus. Namun mengingat kadar kimia yang dimiliki losion cukup tinggi, apakah aman?

Menanggapi hal ini, Christopher Sebastian selaku Presiden Direktur Topcoat, brand coating atau poles bodi kendaraan menyatakan bahwa penggunaan losion anti nyamuk secara berlebih dan terus-menerus pada kendaraan ternyata bisa merusak cat.

Baca juga: Asal Tambah Oli pada Mobil Bisa Bikin Mesin Jebol, Mitos atau Fakta?

Ji Moubing, pria berusia 22 tahun ketika menunjukkan mobil BMW yang dia gores. Ji menggores cat mobil supaya ayahnya membelikan.Oddity Central Ji Moubing, pria berusia 22 tahun ketika menunjukkan mobil BMW yang dia gores. Ji menggores cat mobil supaya ayahnya membelikan.

"Losion anti nyamuk itu memiliki senyawa filler yang memang bisa menyamarkan goresan. Ingat, menyamarkan bukan menghilangkan. Tapi tingkat keasaman yang dimilikinya juga tinggi jadi ada risiko," katanya saat dihubungi Kompas.com.

Adapun risiko yang dimaksud ialah, permukaan cat kendaraan akan tampak belang bahkan melunturkan warna dasarnya itu sendiri.

"Lagipula kalau dipakai losion lalu mobil dicuci, jadi kelihatan lagi goresannya. Jadi memang lebih baik dibawa ke bengkel," ujar Christopher.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Naik Sepeda Motor Lebih Rawan Kecelakaan di Jalan?

Ilustrasi bengkel mobil CARfixCARfix Ilustrasi bengkel mobil CARfix

Hal serupa juga dinyatakan Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Menurut dia, menghilangkan goresan pada bodi mobil pakai losion anti nyamuk hanyalah mitos.

"Apalagi kalau goresannya cukup dalam, malah jadi merusak cat nantinya," ucap dia.

Diketahui, mitos penggunaan losion anti nyamuk banyak beredar di kalangan sopir atau konsumen kendaraan sewaan, yang ingin memperbaiki goresan dengan instan namun tidak mau mengeluarkan banyak biaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.