Mobil Bekas yang Dimodifikasi Sulit Dijual, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 10/08/2020, 14:01 WIB
Suasana balai lelang mobil bekas Bidwin. Tercatat pertumbuhan penjualan mobil bekas melalui lelang selama 2018 BidwinSuasana balai lelang mobil bekas Bidwin. Tercatat pertumbuhan penjualan mobil bekas melalui lelang selama 2018
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Keberadaan mobil bekas cukup diminati, terutama bagi masyarakat yang ingin membeli kendaraan roda empat tetapi uang yang dimiliki terbatas.

Meski berstatus sebagai mobil bekas pakai, bukan berarti kondisinya juga tidak bagus atau membutuhkan banyak perbaikan.

Sebagai contoh d pasaran, banyak sekali mobil seken yang kondisinya juga masih bagus dan sangat layak untuk dikendarai.

Saat membeli kendaraan roda empat calon pembeli biasanya melihat dari berbagai aspek. Mulai kondisi fisik, mesin, kaki-kaki, perangkat pendukung serta kelengkapan surat-suratnya.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Rp 60 Jutaan, Ini Pilihannya

Selain itu, tidak sedikit pula yang memilih membeli mobil bekas yang kondisinya masih orisinal atau belum mendapatkan sentuhan modifikasi.

Mobil Modifikasi Limo Bermuka DuaKOMPAS.com / Aditya Maulana Mobil Modifikasi Limo Bermuka Dua

Keaslian ini bisa dilihat dari bentuknya yang masih sama dengan saat keluar dari pabrikan, kemudian juga perangkat-perangkat lainnya.

Benarkan mobil yang sudah dimodifikasi oleh pemilik lama kurang diminati sehingga sulit untuk dijual kembali?

Hadi Cahyono, pemilik showroom mobil bekas XL AHM Autocars di Solo, mengatakan, selama ini sebagian besar pembeli mobil bekas akan memilih mobil yang kondisinya masih standar atau asli.

“Pembeli akan lebih memilih mobil yang masih orian. Misalkan ada komponen yang sudah tidak ori pasti akan ditanyakan di mana orinya,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Baca juga: 10 Mobil Bekas Asal Eropa dan AS Harga Rp 50 Jutaan

Tak hanya itu, Hadi juga mengatakan, untuk penjualan mobil yang masih standar lebih cepat laku dibandingkan yang sudah dimodifikasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X