Apa Fungsi Tim Satelit di MotoGP?

Kompas.com - 10/08/2020, 13:15 WIB
Fabio Quartararo Foto: IstimewaFabio Quartararo

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak beberapa tahun terakhir ini, tim satelit di MotoGP semakin diperhitungkan. Tak sedikit pebalap tim satelit yang bisa memberi tekanan pada barisan terdepan, naik podium, atau bahkan meraih kemenangan.

Jika dilihat dari segi persaingan, kehadiran tim satelit bisa menjadi ancaman bagi tim pabrikan. Tapi, dari segi pengembangan, hadirnya tim satelit juga bisa sangat membantu.

Baca juga: Tim Satelit Mendominasi MotoGP 2020, Apa Bedanya dengan Tim Pabrikan?

Dikutip dari bikesrepublic.com, ada beberapa alasan mengapa pabrikan butuh tim satelit, mulai dari pengumpulan data, pengembangan motor, pencarian pebalap berbakat, dan tentunya eksposur.

Pebalap Alma Pramac Racing, Jack Miller, menjalani latihan bebas di Sirkuit Losail pada MotoGP Qatar, 8 Maret 2019. AFP/GIUSEPPE CACACE Pebalap Alma Pramac Racing, Jack Miller, menjalani latihan bebas di Sirkuit Losail pada MotoGP Qatar, 8 Maret 2019.

Data pada motor balap berguna untuk membuat motor semakin kompetitif, baik dari segi mesin, aerodinamika, elektronik, dan lainnya.

Data yang dikumpulkan berisi tentang suspensi, keseimbangan sasis, kontrol traksi, pengaturan engine map, catatan waktu tiap lap, catatan waktu di tiap sektor, kecepatan maksimum, performa tiap komponen, ban, mesin, dan hampir semuanya ada datanya.

Peran dari penyuplai data menjadi lebih kritis lagi dalam tiga tahun terakhir ini. Sebab, FIM mengurangi jumlah sesi tes dalam satu musim untuk menambah jumlah seri yang ada.

Baca juga: Brad Binder, Rookie Asal Afrika yang Sukses Menang di MotoGP

Artinya, hilang sudah kesempatan lebih banyak untuk melakukan pengujian pada ban, mesin, dan pengembangan lainnya. Namun, hal ini juga bisa mengurangi pengeluaran biaya untuk membuat para pabrikan semakin tertarik bergabung ke MotoGP dan membuat balapan semakin menarik.

Maka itu, dengan semakin sedikitnya jumlah sesi tes, hadirnya tim satelit akan memberikan masukan data yang lebih banyak dibanding hanya mengandalkan tim pabrikan saja.

Keuntungan lain dari adanya tim satelit adalah menyaring pebalap terbaik. Umumnya, pebalap dari Moto2 akan bergabung dulu dengan tim satelit. Meskipun, pada beberapa kasus tim pabrikan juga ada yang langsung mengontrak pebalap Moto2.

Tim LCR Honda MotoGP yang disupport oleh Castrol.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Tim LCR Honda MotoGP yang disupport oleh Castrol.

Sebab, terkadang pabrikan juga tak mau mengambil resiko mengambil pebalap rookie yang masih beradaptasi dan belum bisa tampil kompetitif. Jadi, masuk ke tim satelit bisa dibilang untuk menambah jam terbang seorang pebalap.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X