Tim Satelit Mendominasi MotoGP 2020, Apa Bedanya dengan Tim Pabrikan?

Kompas.com - 10/08/2020, 09:42 WIB
Para pebalap beraksi di MotoGP Andalusia yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/2020). AFP/JAVIER SORIANOPara pebalap beraksi di MotoGP Andalusia yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Di MotoGP, ada dua jenis tim, yakni tim pabrikan dan tim satelit. Meski beberapa tim ada yang menggunakan motor dengan merek yang sama, tapi kedua tim ini memiliki banyak perbedaan.

Dikutip dari motogp.com, tim pabrikan adalah tim yang memang dimiliki oleh pabrikan motor. Tim ini tentunya memiliki modal yang sangat tinggi untuk bisa memiliki pebalap dan tim terbaik. Prioritas utamanya adalah peningkatan komponen, pengembangan teknologi, dan sponsor-sponsor besar.

Baca juga: Brad Binder, Rookie Asal Afrika yang Sukses Menang di MotoGP

Tim pabrikan juga bisa memberikan level yang lebih tinggi dari sisi teknis, dukungan fisik dan psikologis, serta yang lainnya. Tentunya, gaji yang ditawarkan juga lebih besar. Maka itu, setiap pebalap sangat ingin bergabung dengan tim pabrikan.

Foto bersama formasi pebalap MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol.Javier Soriano/AFP Foto bersama formasi pebalap MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Berbeda dengan tim pabrikan, tim satelit tidak memiliki motor. Tim ini harus menyewa dari pabrikan. Sebab, motor MotoGP umumnya memang tidak dijual. Sedangkan untuk level motor dan komponen yang diberikan, tergantung dari kemampuan tim satelit tersebut.

Modal tim satelit berasal dari para sponsor dan lebih dibatasi. Maka itu, terdapat perbedaan juga dari segi dukungan untuk pebalapnya.

Baca juga: Hasil MotoGP Ceko, Juara Baru Asal Afrika Selatan Brad Binder

Umumnya, pabrikan akan memberikan motor atau komponen yang kepada tim satelit yang levelnya berada di bawah tim pabrikan. Namun, sekarang beberapa pabrikan sudah mulai memberikan motor yang sama kepada tim satelit.

Daftar Tim Pabrikan dan Pebalapnya:
1. Aprilia Racing Team Gresini (Bradley Smith, Aleix Espargaro)
2. Ducati Team (Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci)
3. Monster Energy Yamaha MotoGP (Maverick Vinales, Valentino Rossi)
4. Red Bull KTM Factory Racing (Brad Binder, Pol Espargaro)
5. Repsol Honda Team (Alex Marquez, Marc Marquez)
6. Team Suzuki Ecstar (Alex Rins, Joan Mir)

Daftar Tim Satelit dan Pebalapnya:
1. Esponsorama Racing (Johann Zarco, Tito Rabat)
2. LCR Honda (Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow)
3. Petronas Yamaha Sepang Racing Team (Fabio Quartararo, Franco Morbidelli)
4. Pramac Racing (Jack Miller, Francesco Bagnaia)
5. Red Bull KTM Tech 3 (Iker Lecuona, Miguel Oliveira)

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X