Mitos atau Fakta, Harus Buka Kaca Jendela Mobil Saat Pertama Nyalakan AC?

Kompas.com - 10/08/2020, 13:41 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya mencegah hal yang tak diinginkan, ada anggapan bahwa saat pertama kali menghidupkan air conditioner (AC) mobil, pengemudi harus menurunkan sedikit kaca jendela.

Tujuannya, agar ada sirkulasi udara dari luar sehingga mobil tidak apek terlebih ketika sudah jarang digunakan. Kemudian, ini juga mencegah debu atau partikel kecil yang tak baik terhirup langsung oleh pengemudi maupun penumpang.

Bernarkah demikian? Apakah ini sekadar mitos atau fakta?

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Bekas Tangan Ketiga Sulit Dijual?

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Dihubungi Kompas.com, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha menyatakan bahwa kabar burung tersebut hanyalah mitos belaka. Sebab, sirkulasi udara di mobil kekinian sudah baik walau cukup lama tidak digunakan.

"Mungkin tujuannya supaya ada sirkulasi udara. Tetapi sebenarnya sirkulasi udara di dalam mobil itu sudah ada," katanya belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Namun kalau suhu di kabin sangat panas (parkir tepat di bawah sinar matahari), untuk lebih cepat mengusirnya memang menghidupkan AC dan buka kaca sedikit. Itu ampuh, tapi tidak perlu lama-lama karena kontra produktif," ucap Sapta.

Baca juga: Mobil Transmisi Matik Mogok Tak Boleh Didorong, Mitos atau Fakta?

Remote yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin dan AC mobil dari jarak jauh.Istimewa Remote yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin dan AC mobil dari jarak jauh.

Pasalnya, menurunkan kaca bisa menimbulkan potensi benda asing masuk ke kabin mobil atau justru memicu tindak kejahatan. Kondisi ini juga bisa semakin parah jika parkir mobil di garasi tanpa atap seperti car port di depan rumah.

"Apabila kaca dibuka mengundang kerawanan dan berpotensi terkena air, misalnya saat hujan turun," ucap Sapta.

Maka baiknya turunkan kaca sedikit dan seperlunya saja. Kalau memang kabin masih terasa hangat, membawa mobil berjalan sebentar di sekitar rumah bisa jadi solusi alternatif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.