Pilih Visor Helm Sesuai Kebutuhan, Pakai yang Bening atau Gelap?

Kompas.com - 09/08/2020, 10:21 WIB
Manfaat pakai intercom helm untuk pemotor GridOtoManfaat pakai intercom helm untuk pemotor

JAKARTA, KOMPAS.com – Helm standar biasa sudah dilengkapi dengan visor helm berwarna bening maupun gelap (smoked). Bahkan ada juga pabrikan helm yang memberikan dua jenis visor sekaligus saat pertama membeli, bening dan smoked.

Selain itu, bagi pemilik yang ingin mengganti tampilan helmnya, bisa membeli visor model lain, misalnya yang berwarna metalik atau biasa disebut iridium. Lalu apa saja kelebihan dari model bening, smoked dan iridium?

Pegiat komunitas pencinta helm Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, masing-masing jenis visor memiliki keunggulannya masing-masing, tergantung dari keperluannya.

Baca juga: Cara Sederhana Merawat Mobil Bermesin Diesel

Ragam visor helm VespaStanly/Otomania Ragam visor helm Vespa

Visor bening bagus dipakai bagi pengendara yang punya pandangan agak terganggu,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, Sabtu (8/8/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Visor bening memiliki pandangan yang jelas baik siang maupun gelap. Namun visor bening tidak mengurangi cahaya matahari saat digunakan siang hari, sehingga pengendara agak terganggu karena silau.

“Visor smoked masih enak bagi mata yang tergolong normal. Adem dipakai saat siang, malam pun masih agak terang. Begitu juga dengan visor iridium, tetapi lebih baik dalam mereduksi paparan sinar matahari langsung,” kata Ahmad.

Baca juga: Morbidelli Tercepat di FP3 MotoGP Ceko

Ahmad mengatakan, visor smoked dan iridium masih aman digunakan saat malam hari, selama tingkat kegelapannya hanya 30 persen. Namun jika kadarnya lebih dari 50 persen, sebaiknya tidak digunakan saat malam hari.

Kemudian soal perawatan, Ahmad mengatakan, ketiga model visor ini sama saja. Paling penting, setelah memakai helm, jangan langsung mengelap visor, khawatir ada pasir halus yang menempel sehingga bikin baret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.