Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilih Visor Helm Sesuai Kebutuhan, Pakai yang Bening atau Gelap?

JAKARTA, KOMPAS.com – Helm standar biasa sudah dilengkapi dengan visor helm berwarna bening maupun gelap (smoked). Bahkan ada juga pabrikan helm yang memberikan dua jenis visor sekaligus saat pertama membeli, bening dan smoked.

Selain itu, bagi pemilik yang ingin mengganti tampilan helmnya, bisa membeli visor model lain, misalnya yang berwarna metalik atau biasa disebut iridium. Lalu apa saja kelebihan dari model bening, smoked dan iridium?

Pegiat komunitas pencinta helm Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, masing-masing jenis visor memiliki keunggulannya masing-masing, tergantung dari keperluannya.

“Visor bening bagus dipakai bagi pengendara yang punya pandangan agak terganggu,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, Sabtu (8/8/2020).

Visor bening memiliki pandangan yang jelas baik siang maupun gelap. Namun visor bening tidak mengurangi cahaya matahari saat digunakan siang hari, sehingga pengendara agak terganggu karena silau.

“Visor smoked masih enak bagi mata yang tergolong normal. Adem dipakai saat siang, malam pun masih agak terang. Begitu juga dengan visor iridium, tetapi lebih baik dalam mereduksi paparan sinar matahari langsung,” kata Ahmad.

Ahmad mengatakan, visor smoked dan iridium masih aman digunakan saat malam hari, selama tingkat kegelapannya hanya 30 persen. Namun jika kadarnya lebih dari 50 persen, sebaiknya tidak digunakan saat malam hari.

Kemudian soal perawatan, Ahmad mengatakan, ketiga model visor ini sama saja. Paling penting, setelah memakai helm, jangan langsung mengelap visor, khawatir ada pasir halus yang menempel sehingga bikin baret.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/09/102100015/pilih-visor-helm-sesuai-kebutuhan-pakai-yang-bening-atau-gelap-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke