Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Lagi, Ini Beda Helm Half Face dan Open Face

Kompas.com - 07/07/2020, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Jenis helm terbuka kerap disebut sebagai helm half face. Padahal jenis dengan muka terbuka ada dua yaitu half face dan open face. Keduanya juga berbeda alias tidak sama.

Irwan Bachroem, Dr.DR Helmet and Apparel Specialist dari DeRide, distributor resmi helm Nolan dan X-Lite di Indonesia mengatakan, banyak orang keliru menyamakan helm half face sebagai open face.

Baca juga: Pilihan Motor dengan Bagasi Besar, Ada yang Muat 2 Helm Full Face

Helm Nolan half faceKompas.com/Aprida Mega Nanda Helm Nolan half face

Menurut Irwan, pengertian helm half face yakni helm yang terbuka bagian muka dan dagu serta hanya melindungi bagian atas kepala. Helm seperti ini sering disebut helm cetok atau helm batok.

Sebaliknya, helm open face yang banyak keliru menyebutnya sebagai half face, yaitu terbuka bagian muka dan dagu tapi batok helm menutup bagian kuping dan tempurung kepala belakang.

"Banyak orang menyebut helm open face dengan half face, sebenarnya helm half face ialah helm yang kurang lebih bentuknya seperti helm proyek. Sedangkan helm open face bagian batoknya menutupi seluruh bagian kepala hingga leher," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Motor Lawas yang Harganya Stabil di Masa Pandemi

Helm half face Foto: Istimewa Helm half face

Jadi sebetulnya, kata Irwan, helm yang banyak beredar di Indonesia dengan standar SNI ialah helm open face bukan helm half face. Sebab batoknya masih menutupi telinga dan seluruh bagian belakang kepala.

"Ya jadi begitu, helm open face dan half face berbeda, tapi biasanya kami sebagai penjual helm sudah mengerti kalau konsumen bilang ingin helm half face sebetulnya pasti minta yang tipe open face," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com