Jangan Terkecoh Kilometer Rendah Saat Beli Mobil Bekas!

Kompas.com - 06/08/2020, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak jarang masyarakat yang memiliki pola pikir saat beli mobil bekas, yaitu mencari yang angka odometernya rendah. Logika seperti itu tidak sepenuhnya benar, sebab yang paling menentukan kondisi mobil adalah riwayat perawatannya.

Asumsinya bisa salah ketika mobil bekas 10.000 km dianggap lebih sehat ketimbang 30.000 km. Menurut Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, kondisi mobil tergantung cara pemakaian dan perawatan pemilik.

Baca juga: Mobil Matik Lewati Tanjakan Curam dan Kondisi Macet, Ini Triknya

“Sebetulnya angka odometer tidak bisa jadi patokan utama. Riwayat berkala kendaraan itu sendiri lah yang menentukan,” ujar Anjar kepada Kompas.com.

Speedometer digitalStanly/Otomania Speedometer digital

Sebelum membeli mobil bekas, ada baiknya melontarkan pertanyaan kepada penjual tentang sejarah perawatan. Akan lebih baik jika jawabannya ditunjang data valid, misalnya dari bengkel resmi.

Baca juga: Tuas Transmisi Model Zig-zag Lebih Aman buat Pemula?

“Lebih baik lagi kalau pemilik bisa menunjukan buku servisnya. Jangan tergoda kalau misalnya dibilang sering ganti oli di bengkel kalau tidak ada buktinya,” kata Anjar.

Saran lainnya, jangan lupa untuk mencoba mengendarai mobil bekas sebelum membeli. Pilih rute beragam permukaan biar bisa terdeteksi masalahnya apa saja.

“Namanya mobil bekas pakai kan pasti ada saja yang harus diganti, apalagi kalau kilometernya tinggi. Harus ada dana ekstra untuk beli komponen. Test drive dan riwayat perawatan itu bikin jad tahu apa saja yang harus diganti. Kilometer rendah belum tentu sehat.” ucap Anjar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.