Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Urban Cruiser, Rebadge Suzuki Vitara Brezza Siap Meluncur

Kompas.com - 06/08/2020, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota di India telah mengkonfirmasi bakal meluncurkan SUV baru bernama Urban Cruiser dalam waktu dekat. Mobil ini merupakan rebadge Suzuki Vitara Brezza yang menjadi bagian dari kerja sama kedua pabrikan.

Dilansir dari Autocar India, Urban Cruiser dibangun di atas basis milik Maruti Suzuki. Untuk diketahui kerja sama ini bukan kali pertama.

Sebelumnya Toyota dan Maruti Suzuki telah memiliki mobil kembar, hathcback Glanza dan Baleno. Namun, pada Toyota Urban Cruiser diklaim bukan hanya sekadar rebadge.

Baca juga: Maung Pindad untuk Sipil Dijual Lebih Murah dari Versi Militer

Ilustrasi Toyota Urban Cruiser yang mengambil basis Suzuki Vitara Brezzamotorbeam Ilustrasi Toyota Urban Cruiser yang mengambil basis Suzuki Vitara Brezza

Urban Cruiser disebut akan memiliki tampilan modern sesuai dengan gaya SUV Toyota keluaran baru.

Jadi bisa dibilang, meski platform mesin dan sasis sama dengan Vitara Brezza, secara desain keduanya berbeda.

Bicara soal mesin, Urban Cruiser bakal mengusung mesin K15B dengan kapasitas 1.500 cc yang memiliki tenaga 105 dk dan torsi 138 Nm.

Baca juga: Calon Warga Sipil Pertama yang Beli Maung, Kapan Anang Dapat Unitnya?

Suzuki Vitara Brezza 2019- Suzuki Vitara Brezza 2019

Kabarnya teknologi hybrid ringan SHVS yang diusung Suzuki juga bakal diterapkan di mobil ini, tujuannya untuk mendapat efisiensi bahan bakar yang lebih optimal.

Namun urusan transmisi, untuk membedakan dengan Vitara Brezza, sepertinya Urban Cruiser hanya akan menyediakan transmisi otomatis 4-percepatan dengan torque converter.

Di India, Urban Cruiser bakal menjadi pesaing serius Ford Ecosport, sampai Kia Sonet dan Renault Kiger yang diperkirakan akan meluncur dalam beberapa bulan mendatang.

Sementara itu soal harganya, Urban Cruiser diperkirakan akan dibanderol mulai 7,5 lakh atau setara Rp 148 jutaan sampai 11,5 lakh atau setara Rp 227 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com