Kompas.com - 04/08/2020, 14:01 WIB
Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPrototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahasan mengenai kendaraan garapan PT Pindad (Persero), Maung, terus ramai diperbincangkan masyarakat. Setelah membahas mengenai impresi, test drive dan review lengkap, kini pembahasan beralih ke sejarah kehadiran Maung.

Tidak banyak yang mengetahui, Maung telah dipersiapkan sejak 2018 silam. Saat itu nama kendaraan taktis yang disematkan adalah Bima M-31 dan pencetus gagasannya adalah Komandan Pusat Persenjataan INfanteri (Danpussenif) Surawahadi.

Baca juga: Cikal Bakal Maung Pindad, Berawal dari Bima M-31

Melalui rekanan PT Pindad (Persero), PT MSA, maka dibuatlah kendaraan 4x4 dengan dimensi kecil untuk kebutuhan penyerangan cepat operasi militer.

Purwarupa tersebut kemudian masuk ke tahap produksi massal dan dilakukan oleh Pindad hingga akhirnya viral setelah digunakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Seperti apa sejarah lengkapnya? Simak video berikut

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X