Polisi Bakal Tindak Tegas Pengemudi yang Akali Aturan Ganjil Genap

Kompas.com - 02/08/2020, 15:38 WIB
Uji Coba Perluasan Ganjil Genap KOMPAS.com/GilangUji Coba Perluasan Ganjil Genap
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan ganjil genap yang kembali diterapkan Senin (3/8/2020), tentunya akan membuat para pemilik mobil tidak bisa bebas melintas di sejumlah ruas jalan DKI Jakarta.

Penerapan ini tidak hanya di ruas jalan protokol, tetapi juga berlaku di 28 gerbang tol yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Dengan adanya pembatasan kendaraan yang diperbolehkan melintas ini, tidak sedikit pemilik kendaraan dengan nomor polisi yang tidak sesuai berusaha untuk mengelabui aturan tersebut.

Ragam cara pun dilakukan pemilik kendaraan demi bisa melintas pada jam tertentu di ruas jalan yang sudah menerapkan aturan ganjil genap.

Baca juga: Ingat Lagi Soal Aturan Ganjil Genap yang Mulai Berlaku Besok

Salah satu cara yang sering dilakukan para pemilik mobil, yaitu dengan menunggu jam penerapan aturan ganjil genap selesai.

Mengingat, aturan pembatasan kendaraan ini tidak diberlakukan sepanjang hari melainkan hanya pada jam-jam tertentu saja.

Pengemudi menunggu berakhirnya ganjil genap di bahu jalan tol.Istimewa Pengemudi menunggu berakhirnya ganjil genap di bahu jalan tol.

Pagi hari dimulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, sedangkan saat sore hari mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Dengan adanya rentang waktu pembatasan tersebut, maka tidak sedikit pengemudi memilih menepi di pinggir jalan sembari menunggu jam pemberlakuan selesai.

Berhenti di bahu jalan ini menjadi cara yang banyak dilakukan oleh para pengendara kendaraan roda empat di sejumlah gerbang tol.

Padahal cara tersebut tentunya melanggar aturan karena tidak boleh berhenti di bahu jalan jika kondisi tidak benar-benar darurat.

Baca juga: Selain Jalan Protokol, 28 Gerbang Tol Ini Juga Berlakukan Ganjil Genap

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X