Selain Jalan Protokol, 28 Gerbang Tol Ini Juga Berlakukan Ganjil Genap

Kompas.com - 02/08/2020, 11:12 WIB
Seorang pengendara di tilang di Traffic Light Tomang Raya, karena melanggar peraturan ganjil genap pada Senin (9/9/2019) Kompas.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJARSeorang pengendara di tilang di Traffic Light Tomang Raya, karena melanggar peraturan ganjil genap pada Senin (9/9/2019)
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan ganjil genap yang akan berlaku kembali Senin (3/8/2020), tidak hanya menyasar ruas jalan protokol saja.

Tetapi, aturan pembatasan kendaraan roda empat di masa pandemi Covid-19 ini juga menyasar di gerbang tol di wilayah ibu kota.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perhubungan ( Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo bahwa penerapan ganjil genap ini masih sama dengan aturan yang diterapkan sebelumnya.

"Mulai 3 Agustus 2020 usai libur panjang ini, akan kami aktivasi lagi pembatasan mobil pribadi dengan skema ganjil genap seperti sebelumnya," ujar Syafrin kepada Kompas.com, beberapa hari lalu.

Baca juga: Ingat Lagi Soal Aturan Ganjil Genap yang Mulai Berlaku Besok

Aturan ganjil genap ini diberlakukan kembali di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) transisi guna menekan volume lalu lintas.

28 Gerbang Tol yang Terdampak Ganjil Genap JakartaKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo 28 Gerbang Tol yang Terdampak Ganjil Genap Jakarta

Pasalnya, meski sudah ada aturan Surat Izin Keluar Masuk ( SIKM) tetapi jumlah kendaraan roda empat justru mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Kondisi ini tentunya membuat tingkat kepadatan lalu lintas di sejumlah ruas jalan mengalami kepadatan seperti saat kondisi normal.

"Dari hasil analisa kami, ternyata volume lalu lintas itu sekarang mendekati bahkan di beberapa titik pemantauan itu volumenya sudah di atas normal sebelum pandemi," katanya.

Baca juga: Berlaku Besok, Ini 25 Ruas Jalan yang Terapkan Ganjil Genap

Berikut daftar 28 gerbang tol terdampak ganjil genap

1. Jalan Anggrek Neli Murni sampai akses masuk Tol Jakarta-Tangerang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X