Peluncuran Layanan Bus Komuter Baru dari Bogor ke Jakarta

Kompas.com - 31/07/2020, 14:02 WIB
JR Connexion Tribunjakarta.com/Ega AlfredaJR Connexion

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) meluncurkan layanan transportasi bus komuter baru, yakni Jabodetabek Residence Connexion ( JR Connexion) di Bogor.

Layanan JR Connexion ini akan diuji coba pada Senin (3/8/2020) dengan dua pilihan rute. Pertama dari Taman Sari Persada, Bogor – Blok M, Jakarta dan Taman Sari Persada – Juanda, Jakarta dengan tarif promo Rp 15.000.

Perum PPD sebagai operator layanan menyediakan lima bus besar. Jadwal keberangkatan dari Taman Sari Persada yaitu pukul 05.30 WIB, 06.00 WIB, dan 09.00 WIB. Sedangkan dari Blok M atau Juanda, berangkat pukul 16.30 WIB, 17.20 WIB, dan 20.00 WIB.

Baca juga: Mitsubishi Ingin Jual Xpander Hybrid dengan Harga Terjangkau

Perum PPD Operator bus TransJabodetabek membagikan masker gratis ke penumpang di Pool Halte Mega City Bekasi, Senin, (9/3/2020).TRIBUNJAKARTA.com/YUSUF BACHTIAR Perum PPD Operator bus TransJabodetabek membagikan masker gratis ke penumpang di Pool Halte Mega City Bekasi, Senin, (9/3/2020).

Direktur Angkutan BPTJ, Aca Mulyana mengatakan, layanan JR Connexion ini dapat menjadi alternatif untuk masyarakat yang masih harus beraktivitas melakukan perjalanan komuter dengan menggunakan angkutan umum.

“Dengan layanan ini, sekarang masyarakat yang tinggal di Taman sari Persada dan sekitarnya tidak hanya dapat memanfaatkan layanan KRL, namun juga layanan JR Connexion untuk beraktivitas harian menuju wilayah Jakarta,” ucap Aca dalam siaran resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (30/7/2020).

JR Connexion merupakan layanan point to point, sehingga hanya akan melayani penumpang dari titik keberangkatan dan tujuan.

Baca juga: Ini Efek Buruk Sering Ngecas Ponsel di Power Output Mobil

Selain itu, Aca menambahkan, JR Connexion merupakan upaya pemerintah dalam mencapai target 60 persen moda share penggunaan angkutan umum di tahun 2029. Namun upaya mencapai target tersebut menemui tantangan yang tidak ringan karena pandemi Covid-19.

Mengacu pada situasi saat ini, Aca menegaskan kepada operator agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Sehingga kepercayaan masyarakat dalam memanfaatkan angkutan umum dapat terjaga.

Bus Gratis StasiunKompas.com/Fathan Radityasani Bus Gratis Stasiun

Senada dengan hal tersebut, Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim berharap layanan JR Connexion dapat menjadi alternatif moda transportasi yang aman bagi masyarakat Bogor yang setiap harinya harus beraktivitas ke Jakarta.

“Mengingat saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 untuk wilayah Kota Bogor masih mengalami penambahan, maka langkah-langkah penyediaan angkutan alternatif ini diharapkan dapat menjadi bagian dalam upaya pengendalian Covid-19,” kata Dedie.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X