Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus juga Bisa Ditambah Cooler Box di Kabin

Kompas.com - 30/07/2020, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comFasilitas yang ada di bus antar kota antar provinsi saat ini sudah semakin beragam. Salah satunya yaitu pada kabin bus bisa ditambahi kotak pendingin atau cooler box.

Seperti namanya, cooler box berfungsi untuk mendinginkan makanan atau minuman. Bentuknya juga bukan seperti lemari es mini, namun memanfaatkan bagasi yang ada di atas kepala penumpang.

Export Manager karoseri Laksana di Ungaran, Werry Yulianto mengatakan, cooler box dibuat dari bagasi kabin yang ada di atas kepala penumpang, kemudian diberi sekat.

Baca juga: Toyota Pastikan Corolla Cross Meluncur Pekan Depan Secara Virtual

Cooler box di cabin busbus pariwisata solo Cooler box di cabin bus

“Biasanya cooler box ini permintaan dari perusahaan otobus (PO), kalau standarnya enggak disediakan,” kata Werry kepada Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, suhu dingin pada cooler box memanfaatkan dari saluran AC. Kemudian, diberi sekat dan penutup agar menjaga kondisi di dalam cooler box tetap dingin.

Baca juga: Mazda Siapkan SUV Baru CX-50, Calon Pengganti CX-5?

“Dinginnya berasal dari AC, kemudian pada bagian dalam cooler box dilapisi lapisan aluminium foil. Untuk jumlah dan posisi cooler box bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan bodi,” kata Dimas kepada Kompas.com.

Jumlah cooler box biasanya satu atau dua saja pada satu bus. Kemudian untuk posisi cooler box bisa dipasang antara di bagian depan atau belakang kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com